Bahasa Inggris Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

BANDARLAMPUNG – Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung  tingkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik. Salah satunya yaitu dengan menyelenggarakan seminar nasional mengenai strategi pembelajaran interaktif bagi guru bahasa Inggris yang berlangsung Selasa (10/10) kemarin di GSG kampus setempat.

Dengan adanya seminar tersebut, Ketua Prodi PBI Meisuri, M.Pd berharap para peserta khususnya mahasiswa, jika kelak menjadi guru, memiliki pola pembelajaran bahasa Inggris yang interaktif dan tidak membosankan. Diakui, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut lebih dari 800 orang.

“Mahasiswa kita (PBI) sendiri ada sekitar 600-an, mulai semester 1 hingga yang baru lulus. Kami (prodi) tidak mewajibkan mahasiswa ikut, tetapi mereka sangat antusias,” ujar ketua prodi ini.

Ia juga menerangkan, banyak peserta lain dari pihak luar UIN. “Ada guru bahasa Inggris, dosen, mahasiswa dari perguruan tinggi lain, praktisi, pelajar. Macam-macam, ada yang dari Bandarlampung sampai ada yang datang dari Jambi,” ungkap Meisuri.

Seminar ini menghadiri narasumber dari akademisi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Hj. Like Raskova Octaberlina, M.Ed dan menjabat sebagai  Ketua Umum  English, Literature, and Education (ELITE) yang merupakan asosiasi prodi PBI PTKIN se-Indonesia.

Dekan FTK Dr. Chairul Anwar, M.Pd menyampaikan apresiasi kepada prodi PBI. “Ini seminar nasional yang ke sekian kali yang diselenggarakan prodi-prodi di fakultas tarbiyah. Prodi (pendidikan) Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu prodi di fakultas tarbiyah yang cukup banyak peminatnya,” katanya sebelum membuka acara.

Chairul pun menyampaikan, di tahun 2018 fakultas tarbiyah akan selenggarakan 2 seminar internasional. Makalah seminar tersebut nantinya diupayakan akan prosiding pada jurnal terindeks internasional. (RM)

2,272 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts

Leave a Comment