Indonesia Ekspor 57 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Ilustrasi (Ist)

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman melepas keberangkatan kapal pengangkut 57.650 ton jagung yang akan di ekspor ke Filipina. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Kota Gorontalo.

Amran mengatakan, ekspor jagung kali ini adalah bukti dari sejarah baru Indonesia. Puluhan tahun Indonesia paling banyak melakukan impor, tetapi sekarang di tahun ini diubah, Indonesia menjadi negara paling banyak memasok jagung ke negara lain.

‚ÄúPendapatan masyarakat Gorontalo naik Rp 4 triliun. Bisa saja ini saya naikkan menjadi dua kali lipat sebesar Rp 8 triliun, dan itu pun masih di bidang pertanian khususnya jagung,” kata dia di Gorontalo seperti dilansir liputan6.com, Kamis (15/2/2018).

Baca Juga:
Kapolri: Hindari Kesalahan yang Membuat Publik Antipati Terhadap Polisi

Indonesia, sambung Amran Sulaiman mengekspor jagung karena negara-negara tetangga membutuhkan banyak pasokan jagung dari Indonesia. Sebut saja Filipina yang membutuhkan satu ton jagung, Malaysia membutuhkan tiga ton jagung.

Amran berharap Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie bersama pemerintah pusat selalu menjaga komoditas pangan, mengingat daerah Gorontalo merupakan daerah yang subur.

“Pangan merupakan tonggak perekonomian dunia. Mudah-mudahan Gorontalo akan terus berkembang, dan lebih banyak lagi mengekspor jagung dan pangan lainya yang meniadi kebutuhan utama seperti beras juga,” pungkas Amran Sulaiman.

(net/hp)

57 Ribu Ton Jagung

Posting Terkait