Indonesia Raih 6 Penghargaan Internasional di Bidang Pariwisata

Pariwisata Indonesia. (Ist)

Jakarta – Indonesia mendapatkan penghargaan KAYAK Travel Awards Singapore 2018. Dari 16 kategori yang diperlombakan, 6 di antaranya diraih oleh Indonesia dan diumumkan melalui www.kayak.sg.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan penghargaan dari KAYAK ini semakin menaikkan level kepercayaan diri, kredibilitas, sekaligus kalibrasi Indonesia.

“Pariwisata Indonesia kembali meraih penghargaan tentu menjadi prestasi luar biasa. Kepercayaan diri dan kredibilitas Indonesia otomatis naik. Mancanegara ini sangat percaya dengan Indonesia. Standar global destinasi di Indonesia juga ikut naik. Kami ucapkan terima kasih atas berbagai penghargaan yang diberikan ini,” ujar Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/7/2018).

Senada dengan Arief, Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana juga turut merasa bangga dengan adanya penghargaan ini. Dia mengatakan penghargaan ini sebagai bukti bahwa atraksi, aksesibilitas, dan amenitas pariwisata Indonesia sangat baik.

Baca Juga:  Wagub Bachtiar Luncurkan Kapal Wisata Samudra Krakatau

“Penghargaan dari KAYAK Travel Awards Singapore 2018 sangat luar biasa. Hal ini pun menegaskan status destinasi Indonesia sebagai yang terbaik. Atraksinya, aksesibilitas, dan amenitasnya sangat bagus. Kami tentu sangat bangga dan gembira menerima award ini,” kata Pitana seperti yang dilansir dari detik.com.

Ia menjelaskan, dari enam kategori yang dibawa pulang Indonesia, empat di antaranya adalah sebagai yang terbaik. Yaitu dari kategori Favourite Resorts Hotel in Southeast Asia yang diraih W Bali, Kategori Favourite Affordable Hotel in Asia untuk The Westin Resort Nusa Dua Bali, Favourite Destination for Short Breaks yang diberikan ke Bali, dan Favourite Destination for Beach Holidays yang juga diraih Bali.

Sedangkan dua penghargaan lain didapat dengan status runner up. Yaitu melalui kategori Favourite Resorts Hotel in Southeast Asia lewat Sheraton Bali Kuta Resort, dan runner up Favourite Airport lewat Bandara I Gusti Ngurah Rai. Bandara di Bali ini terpaut tipis dari Bandara Changi Singapura.

Baca Juga:  Menpar Targetkan Pembangunan Infrastruktur Dasar Pariwisata Selesai 2019

“Bali memang paket lengkap terbaik sebagai destinasi liburan. Nature, culture, dan man made-nya itu fantastis. Setiap saat selalu ada experience berbeda yang ditawarkan oleh Bali. Pantai di Bali adalah yang terbaik di dunia. Sunrise atau sunsetnya sama indahnya. Ombaknya bagus untuk surfing, lalu bawah airnya super eksotis,” terang Pitana.

Indonesia juga berhasil membawa status runner up kategori Favourite Trending Destination yang diraih Yogyakarta. Sementara posisi pertama diberikan kepada Chiang Mai Thailand. Meski demikian Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Masruroh, mengatakan dalam beberapa kategori Indonesia mampu mengungguli Negeri Gajah Putih tersebut.

“Penghargaan yang diberikan oleh KAYAK ini sangat prestisius. Bisa mendapatkan enam penghargaan sudah sangat luar biasa. Pada beberapa kategori penting, Indonesia justru mengungguli popularitas dari Thailand. Bali tetap menjadi destinasi dan pemilik pantai terbaik,” ujar Masruroh.

Baca Juga:  Kemenpar Optimistis Raih Target 4 Juta Wisman

Dia menjelaskan, KAYAK merupakan travel application international yang berbasis di Amerika Serikat. Sebelum menggelar Travel Award Singapore 2018, KAYAK Regional Asia Pacific telah terlebih dahulu melakukan survei. Data ini dikumpulkan dari publik Singapura dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

“Proses panjang dilakukan KAYAK untuk menyusun dan menetapkan status terbaik destinasi. Mereka ini melakukan survei dengan banyak responden dan bisa dipertanggungjawabkan. Award dari KAYAK ini melengkapi pujian terbaik lain yang diberikan internasional,” ujar wanita yang biasa dipanggil Mbak Iyung itu. (net/hp)

250 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pariwisata

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan