Indra Kesuma Pameran Tunggal ‘Tak Berjarak’

Salah satu foto Indra Kusuema yang dipamerkan di Taman Budaya Banten, 2-17 Desember. (IST)

SERANG — Perupa yang juga Fotografer Banten Indra Kesuma menaja Pameran Tunggal bertajuk Tak Berjarak. Pameran tunggal yang digelar di Taman Budaya Banten (eks Pendapa Gubernur Banten),  Jalan Brigjen KH Syami’un Nomor 5 Kota Serang ini berlangsung  2 Desember – 15 Desember 2017.

Dengan maraknya  dan  massifikasi   media handphone fotografi menjadi lumrah. Tetapi foto yang punya nilai estetikpasti tetap berbeda. Setidaknya karya foto itu punya “daya ganggu” dan inspiratif.

Baca Juga:  Ketika Gubernur Ridho Kunjungi Petani Metro

Ketua Umum Dewan Kesenian Banten Chavchay Syaefullah menyambut baik gelar pameran fotografi karya Indra Kesuma. Chavchai mengatakan pameran ini merupakana bukti intergritas Indra di  bidang fotografi.

Dalam foto-fotonya kita bisa menguji bagaimana Indra merupakan seniman yang gigih merebut momentun estetik untuk memberi inspirasi bagi penikmat.

Dengan merebut momentum estetikitu, maka indra tidak hanya berdialog dengan objeknya, melainkan melebur dalam ruang dan waktu objek. “ Inilah yang mungkin disebut  subjektifikasi objek dalam kerja kesenian,” ujar Chavchay yang juga seorang penyair.

Baca Juga:  Baim Wong Jadi Cawagub di Serial Drama Monty Tiwa

Subyektifikasi objek dalam momentum kreatif ini, lanjut, Chavchay,  tentu kerja kesenian yang tidak mudah dan tidak ringan ini butuh pengetahuan, perjalanan dan penghayatan yang tidak sederhana. Pasalnya, fotografi  bukan semata-mata urusan teknik memoto. Pengetahuan tentang ruang, gerak, komposisi, warna, pencahayaan, gerak bahakan imaji, turut menjadikan fotofrafi karya seni yang indah.

.“Indra Kesuma sebagai fotografer setia menjadi seniman yang sabar merebut inspirasi dan momentumnya.Indra telah melakukan kerja sunyi seorang fotografer.Karya-karyanya, segar,  menggugah dan inspiratif,”  puji Chavchay.

Sementara itu, Indra Kesuma di tengah kesibukan persiapan pameran mengatakan, sebagai seorang perupa, fotografi adalah salah satu cara untuk menuangkan ide.

Baca Juga:  Kevin Liliana Jadi Miss Internasional 2017

Lebih lanjut, dikatakannya, untuk menghasilkan karya-karya yang dipamerkan kali ini,  caranya memahami  melalui pendekatan secara pribadi, lewat pengamatan dan dialog terhadap objek yang dituju melalui komunikasi baik satu arah atau dua arah.

“Dengan demikian akan mendapatkan pemahaman suasana, bentuk, karakter secara mendetail.eolah –olah antara saya dan objek menjadi tak berjarak,” ujar Indra beralasan mengapa pamerannya bertajuk: Tak Berjarak. (*)

 

 

 

 

 

 

526 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan