Ini Sebabnya Saat Lebaran Susah Sinyal

Ini Sebabnya Saat Lebaran Susah Sinyal

Ilustrasi. (net)

BANDAR LAMPUNG ā€“ GENERAL Manager Eksternal Telkomsel Denny Abidin memprediksi akan ada lonjakan trafik layanan data sebesar 40 persen saat Lebaran.

Bahkan, kata dia, kenaikannya bisa mencapai 137 persen dibandingkan periode Ramadan dan Lebaran tahun lalu. Lonjakan inilah yang bisa saja menyebabkan sinyal agak terhambat.

Mengantisipasi lonjakan penggunaan layanan komunikasi saat Lebaran 2018, penyedia layanan telekomunikasi, Telkomsel, melakukan persiapan ekstra demi kenyamanan masyarakat pengguna.

“Untuk mengatasi kendala yang terjadi pada jaringan, Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun layanan agar pengguna tetap nyaman saat Lebaran,” ujar General Manager Eksternal Telkomsel Denny Abidin, kemarin.

Baca Juga:  BPBD Antisipasi Bencana Jelang Arus Mudik

Denny menjelaskan, lonjakan data Internet bisa terjadi karena perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia kini didominasi penggunaan layanan data.

Menurut Denny, tingginya penggunaan layanan data dipicu karena pelanggan sering mengunggah foto dan video aktivitas mudik atau wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

“Selain itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi, seperti kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas lainnya. Juga banyak yang menikmati layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games,” kata Denny.

Baca Juga:  H+6 Lebaran, Polsek Tumijajar Giat Patroli

Meski layanan melayani lonjakan, data Telkomsel menyebutkan trafik layanan suara diperkirakan akan turun sekitar 8-9 persen dibanding hari biasa. Sedang trafik layanan SMS cenderung stagnan, tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan hari biasa.

Untuk itu Telkomsel mengimplementasikan 12.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, dan menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal.

“Ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang semakin sering menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS,” tambah dia.

Selain membangun belasan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G. Dengan mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 66 persen, sistem IT untuk layanan dan layanan isi ulang pulsa.

Baca Juga:  NGUPI PAI - Tentang Memaafkan di Era Komunikasi Digital

“Kita juga fokus di jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik. 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G,” kata Denny. (net)

996 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Lebaran Susah Sinyal

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan