Ini yang Perlu Diingat Jemaah Haji saat Berada di Arab Saudi

Kadaker Mekah Endang Jumali. (Istimewa)

Kepala Kantor Daerah Kerja Mekah, Endang Jumali mengingatkan 7 hal yang perlu diingat jemaah haji Indonesia saat berada di Arab Saudi.

Pertama, selama berada di Tanah Suci, jemaah diminta waspada terhadap keamanan di sekitar. Hal kedua, yang lebih penting, selalu kenakan gelang identitas dan pengenal dari maktab/muasasah.

Ketiga, Endang juga mengingatkan jika bepergian meninggalkan hotel, pastikan kamar dalam keadaan terkunci. Pesan keempat jemaah haji diminta untuk jangan membawa uang dalam jumlah berlebihan.

Baca Juga:  1 Orang Calon Haji asal Tulangbawang Meninggal Dunia di Jakarta

“Bawalah uang seperlunya, jangan berlebih untuk menghindari kehilangan atau aksi kriminal lainnya,” ujar Endang saat meninjau akomodasi penginapan jemaah haji Indonesia di Hotel Basyerahil Plaza yang masuk wilayah Sektor 1 Mekah, Sabtu (21/7/2018).

Tak hanya itu, di pesan nomor lima, Endang juga menyarankan agar jemaah haji apabila bepergian selalu berkelompok. Itu perlu dilakukan untuk mencegah ada jemaah yang tertinggal.

“Nanti ada yang bawa alat komunikasi,” kata Endang.

Baca Juga:  Sulitnya Medan, Pemasangan Gorong-gorong Gunakan Alat Berat

Pesan keenam, Endang meminta jika ada jemaah yang ingin memasak hendaknya di dapur umum yang telah disediakan hotel.

“Jangan memasak di dalam kamar,” ujar pria kelahiran Cianjur, 4 Mei 1976 ini.

Sedangkan pesan ketujuh adalah agar jemaah senantiasa menjaga kadar cairan dalam tubuh. Waktu pelaksanaan haji di tahun 2018 ini jatuh pada musim panas di Arab Saudi.

“Pada saat wukuf nanti bisa mencapai 53 derajat celcius. Jemaah harus menjaga cairan. Minum meskipun tidak haus,” ujar Endang, seperti yang dilansir dari detik.com.

Baca Juga:  Pj Bupati Tanggamus Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji

Untuk layanan pengaduan, selama di Tanah Suci jemaah dapat hubungi WhatsApp Center Haji pada nomor 050 350 0017 atau Call Center Haji 9200 13210. Jemaah haji Indonesia yang saat ini sudah berada di Madinah direncanakan akan masuk ke Makkah pada Kamis (26/7). (net/hp)

434 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Haji

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan