Inspektorat Pesawaran Minta Masyarakat Pahami Aduan

Foto: Putra

GEDONGTATAAN – Kepala Inspektorat Kabupaten Pesawaran, minta pemahaman masyarakat jika ingin melakukan laporan ataupun pengaduan harus secara resmi.

Hal ini disampaikan Chabrasman selaku Kepala Inspektorat, saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu (12/6).

“Kalau laporan dan aduan memang ada, tapi masyarakat juga harus tahu, ada beberapa jenis pemeriksaan yaitu Pemeriksaan rutin dan reguler, kalau pemeriksaan rutin tanpa ada laporan juga pasti kita lakukan. Tapi kalau masyarakat mengetahui adanya dugaan kecurangan pada pengelolaan Dana Desa misalnya, harus membuat pengaduan resmi, agar kita bisa lakukan pemeriksaan reguler secara detail,” jelasnya.

Baca Juga:  Miris, Kades di Pesawaran Ogah Bayar Pajak DD

Ditanya, mengenai jumlah Obyek Pemeriksaan (Obrik) yang masih ditangani Inspektorat, ia mengaku ada beberapa Obrik yang sedang dilakukan salah satunya mengenai penggunaan dan pengelolaan Dana Desa. “Kalau jumlahnya saya lupa, tapi ada yang masih kita lakukan (Pemeriksaan),” ucapnya.

Dirinya juga mengatakan, saat ini Pemkab Pesawaran juga mendukung terhadap adanya penguatan Aparatur Internal Pengawas Pemerintah (APIP) ini. “Kami juga bersyukur Pemerintah Daerah juga mendukung, salah satunya dengan adanya peningkatan anggaran untuk penguatan APIP, karena ini juga merupakan komitmen pak Bupati dalam menciptakan Pemerintahan yang bersih dan berkualitas,” tambahnya.

Baca Juga:  7 Calon Kades Incumbent Bebas Temuan

Guna melakukan penguatan terhadap tugas  APIP, Inspektorat kirimkan auditornya untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) BPKP.

“Ya, untuk penguatan APIP kita kirimkan 9 orang auditor Inspektorat Pesawaran guna mengikuti Diklat di BPKP,” ungkapnya.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di Inspektorat Kabupaten Pesawaran. “Sejauh ini kita sudah memiliki 29 tenaga pemeriksa, tentunya kemampuan dan keahlian serta skill untuk melakukan pemeriksaan harus kita tambah dan update terus,” ujarnya.

Baca Juga:  Kasus Indisipliner Dominasi Pelanggaran PNS Pesawaran

Sebab, kata dia, saat ini Inspektorat sebagai salah satu lembaga pengawas, sehingga perlu meningkatkan kualitas SDMnya,” tutupnya. (MH/PS)

Inspektorat Pesawaran Obrik

Posting Terkait