Investasi dan Ekspor Kunci Kemajuan Ekonomi RI

Presiden RI, Joko Widodo. (Ist)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan investasi dan ekspor adalah kunci penting kemajuan ekonomi Indonesia.

“Ekspor dan investasi. Dua hal ini selalu saya ulang di mana-mana. Dua hal yang akan terus saya ulang-ulang dan saya sampaikan di berbagai bicara, karena dua hal ini adalah kunci penting untuk kemajuan ekonomi Indonesia, investasi dan ekspor,” ujar Jokowi usai melepas ekspor perdana Mitsubishi Xpander di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti dilansir dari detik.com, Rabu (25/4/2018).

Baca Juga:  Investasi Infrastruktur Indonesia Masih Rendah

Jokowi mengatakan, dengan bertumbuhnya ekonomi, maka dapat menekan ketimpangan, kesenjangan dan kemiskinan. Kalau kita mau tumbuh, tutur Jokowi, maka investasi harus banyak yang dibangun di Indonesia, dan ekspor juga harus lebih banyak kita lakukan.

Ekspor dan investasi itu diutamakan dari sektor non Sumber Daya Alam (SDA).

“Sekali lagi terutama untuk ekspor dan investasi non-SDA. Di sektor yang bisa memberikan nilai tambah tinggi dan melibatkan value change yang begitu luas seperti yang kita saksikan hari ini, yaitu di sektor otomotif,” katanya.

Baca Juga:  Bukalapak Edukasi Investasi Buka Reksa

Karena itu, Jokowi mengapresiasi langkah Mitsubishi Motors ekspor produk yang dibuat di Indonesia ke negara lain.

“Saya sangat menghargai dan apresasi lompatan Mitsubishi Motors yang hari ini untuk pertama kalinya melakukan ekspor massal mobil, ekspor mobil type Xpander ini dari Indonesia. Dan patut kita hargai dan apresiasi,” katanya.

Apalagi pangsa pasar yang dituju dari ekspor tersebut bukan hanya di Asia Tenggara, tapi masuk ke Amerika Selatan, Afrika. Mobil ini diproduksi dan dirakit tenaga kerja Indonesia dan akan digunakan di berbagai penjuru Asia Tenggara dan negara lain di dunia. (net/hp)

Baca Juga:  Investasi Serap 286.497 Pekerja

ekspor Investasi

Posting Terkait