IWO dan PWI Tubaba Beri Pelatihan Jurnalistik di Smanda Tumijajar

TULANGBAWANG BARAT– Ikatan Wartawan Online (IWO) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat memberikan pelatihan jurnalistik kepada puluhan anggota Palang Merah Remaja tingkat Madya dan Wira yang menjadi peserta Dwi Lomba V Bhare’sda yang digelar oleh SMAN 2 Tumijajar, Kabupaten setempat, Kamis (8/11).

Peserta materi jurnalistik tersebut berasal dari  9 SLTA dan 5 SLTP se-Tubaba dan beberapa sekolah dari luar kabupaten.

Yusuf AS salah satu pengurus PWI dalam materinya menyampaikan materi tentang tehnik dasar reportase meliputi wawancara, tehnik penulisan berita, dan photografi.

Baca Juga:  DPD Ikatan Wartawan Online ( IWO) Tulang Bawang Barat Terbentuk

“Sebelum menjadi seorang jurnalis setidaknya harus sudah mengetahui 5W1H. Sedangkan, untuk konsep penulisan, bisa menggunakan konsep piramida terbalik dengan memberikan judul yang menarik. Dengan tata penulisan yang paling penting diletakan di atas dan yang kurang penting semakin di bawah,” kata Yusuf.

General Manager (GM) salah satu surat kabar harian terkemuka di Tuba ini menambahkan, untuk para penulis pemula harus banyak mempelajari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk merujuk pada kata baku.

Baca Juga:  Smanda Tumijajar Rayakan  HUT Ke 11

Sedangkan dalam kalimat kutipan harus sesuai dengan perkataan asli narasumber, jadi tidak boleh ditambah maupun dikurangi.

Sementara Yunastanto Sekretaris IWO Tubaba memberikan materi tentang pembuatan blog dan medsos untuk informasi.

“Kita menargetkan masing-masing PMR sekolah mempunyai blog khusus sebagai media informasi tentang kegiatan kegiatan PMR khususnya dalam kegiatan lomba ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  DPD Ikatan Wartawan Online ( IWO) Tulang Bawang Barat Terbentuk

Wartawan salah satu media online nasional ini juga mengatakan peran media sosial juga sangat besar kaitannya dalam memberikan nilai-nilai positif bagi kalangan remaja.

“Kita juga berharap dengan pelatihan ini teman-teman PMR dapat membedakan mana berita hoax dan mana yang bukan, terhadap informasi-informasi khususnya dari media sosial,” pungkas pria ramah ini.(GS)

IWO Tulang Bawang Barat PWI Tubaba SMANDA Tumijajar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan