Izin Tambang di Way Kanan Jadi Atensi KPK

 

Sekda way kanan Saiful bersama kabag SDA Aan verial Kusuma ikuti arahan dari KPK RI melalui rapat virtual zoom metting membahas tentang seminar nasional transformasi perijinan berbasis resiko dalam perizinan pertambangan tahun 2021 di ruang rapat sekda way kanan,Rabu (01/12/2021)

Way kanan,menangapi perihal maraknya tambang ilegal di way kanan Saiful bersama  Aan verial Kusuma terima arahan dari KPK RI melalui virtual zoom metting di ruang rapat sekda way kanan.

Sekda menyampaikan kedepan upaya Pemkab way kanan dalam menindaki lanjuti permasalahan tambang ilegal di way kanan,

“Kitakan tidak ada kewenangan untuk di daerah semua kewenangan ada di pemerintahan pusat paling kita hanya berupaya menyampaikan laporan ke pemerintah pusat untuk penambang yang tidak sesuai aturan, karena perizinan dan pengawasannya itu mengenai pertambangan langsung diberikan oleh pemerintah pusat gak ada lagi di daerah sesuai dengan undang-undang nomor 3 tahun 2020 sudah tidak ada lagi di daerah” ujar sekda

Sekda mengatakan tindakan yang akan diambil oleh pemkab bila penambangan belum mengantongi izin.

“Kita akan melaporkan ke aparat keamanan mana mana saja penambang yg bandel karena kewenangan untuk menindak dan memberikan izin bukan di kita karena kita hanya bisa melaporkan.” ungkapnya.

Sebelum penutupan Saipul memberitahukan bagai mana cara penambang untuk mengurus izin bertambang agar bisa beroperasi dengan aman.

“Pemerintah sudah mengeluarkan aturan dan aturan itu bisa dilihat melalui online jadi sekarang pemilik tambang bisa langsung membaca bagaimana cara cara mengurus izin bertambang agar bisa bertambang dengan resmi.”

Lalu Saipul mengimbau kepada pemilik tambang agar untuk memenuhi syarat izin beroperasi.

“Saya menghimbau kepada pemilik tambang agar jangan dulu melakukan penambangan kalau belum memiliki izin lengkapi dulu izinnya agar tidak bermasalah di kemudian hari”. Tutup sekda

Hendri/Habibi

Posting Terkait