Izin Tambang Segera Online

Ilustrasi Tambang. (Ist)

BANDARLAMPUNG—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMP-TSP) Provinsi Lampung terus berupaya mempermudah akses pelaku usaha khususnya dalam bidang izin pertambangan. Salah satunya dengan memakai sistem perizinan online.

“Kedepan sistem online akan mulai diaktifkan untuk mempermudah akses masyarakat. Disistem itu nantinya segala jenis izin akan dipaparkan, baik yang sudah ada izin maupun yang belum. Insya Allah, tahun ini sudah online,” kata Kabid Perizinan DPMP-TSP Lampung, Anca Oktavianus Usman, Senin (24/4).

Anca memaparkan, saat ini pelimpahan perizinan sudah menjadi kewenangan penuh Pemerintah Provinsi (Pemprov). Masyarakat atau pelaku usaha yang hendak mengurus syarat administrasi dalam pengajuan Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) tinggal membawa beberapa syarat yang sudah terlampir.

Baca Juga:  LKPP Bhineka.Com Gelar Sosialisasi e-Katalog

Untuk syarat administrasi, pemohon melengkapi surat permohonan di atas materai Rp6 ribu, profil perusahaan lengkap dengan SITU/HO, TDP, SIUP, NPWP dan KTP. Susunan direksi dan daftar pemegang saham, akte pendirian badan usaha yang bergerak di bidang usaha pertambangan yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang, surat keterangan domisili, dan rekomendasi pemanfaatan ruang.

Baca Juga:  Hutama Karya Defisit Modal JTTS

Untuk persyaratan teknis, melengkapi peta permohonan WIUP dengan batas koordinat geografis lintang dan bujur sesuai dengan ketentuan sistem informasi geografis yang berlaku secara nasional. Terakhir persyaratan finansial, yakni membayar biaya pencadangan wilayah.

“Untuk hal ini berbeda-beda jumlahnya karena dibutuhkan pengecekan dan lain sebagainya,” kata dia.

Syarat pengajuan WIUP sudah dibuat semudah mungkin. Masyarakat hanya datang ke DPMP-TSP Lampung dengan melengkapi persyaratan.

Proses pengajuan yang masuk ke DPMP-TSP akan diteruskan ke Dinas Pertambangan lalu ke kabupaten/kota tempat wilayah yang diajukan. Pada tahap ini Dinas Pertambangan akan melihat tata ruang dan lainnya.

Baca Juga:  Gubernur Minta Lampung Terang Dikebut

“Setelah memenuhi syarat, barulah kami terbitkan izin tambang,” katanya.

Seperti diketahui, pelimpahan kewenangan di bidang perizinan dan non perizinan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sudah sesuai dengan Peraturan Gubernur Lampung (Pergub) No 7 tahun 2017.

Kedepan, DPMP-TSP, akan terus menyosialisasikan perizinan, salah satunya dengan langsung koordiansi bersama semua perusahaan yang menambang di seluruh kabupaten/kota se Lampung.(ZN)

302 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan