Jaksa Jerat Agung Ilmu Mangkunegara Pasal Gratifikasi

Bupati Lampura Nonaktif Agung Ilmu Mangkunegara menuju ruang persidangan | Foto: Tinu/Fajar Sumatera

BANDAR LAMPUNG – Bupati nonaktif Lampung Utara (Lampura), Agung Ilmu Mangkunegara, menjalani sidang perdananya yang digelar di Ruang Bagir Manan, Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Tanjungkarang, dengan agenda sidang mendengarkan pembacaan surat dakwaan dari jaksa, Senin (24/2).

Agung Ilmu Mangkunegara disidangkan bersama dengan terdakwa Raden Syahril dan secara terpisah digelar pula sidang perdana atas nama terdakwa Syahbudin dan Wan Hendri.

Keempat terdakwa yang disidangkan kali ini, merupakan hasil tangkapan dari operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK, sekitar bulan Oktober 2019 lalu, di lokasi rumah dinas Bupati Lampung Utara.

Dalam dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa KPK, Toufik Ibnugroho, pada sidang kali ini, keempat penerima suap fee proyek dari Chandra Safari dan Hendra Wijaya Saleh tersebut, tidak mendapat jeratan pasal tentang pencucian uang, melainkan dikenakan pasal 12 huruf B dan pasal 11 UU No 20 Tahun 2001, dengan unsur gratifikasi.

Mendengar dakwaan yang dibacakan jaksa, keempat terdakwa tidak mengajukan eksepsi dengan kata lain para terdakwa tidak keberatan atas surat dakwaan dari jaksa.

Sementara sidang lanjutan dari perkara ini, akan kembali digelar pada Senin pekan depan, dengan agenda sidang yaitu mendengarkan keterangan saksi.(TN)

Posting Terkait