Jalan Pulungkencana-Kagunganratu Akan Jadi Dua Jalur

Ilustrasi. (Ist)

PANARAGAN – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat, akan meningkatkan status jalan Pulungkencana-Kagunganratu menjadi jalan dua jalur.

Jalan sepanjang 1,5 km tersebut akan disambungkan dengan jalan dua jalur Kagunganratu. Pemkab setempat telah mengangarkan dana senilai Rp 11 miliar yang disiapkan dalam APBD 2019.

“Tahun ini kita akan membangun, jalan dua jalur dari pasar Pulung kencana sampai dengan Simpang Kangunganratu,” kata Iwan Mursalin, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan, Selasa (15/1).

Iwan menjelaskan selain ruas jalan tersebut, Pemkab Tulangbawang Barat  juga mempriotaskan peningkatan sejumlah ruas jalan Kabupaten dan pembangunan sejumlah jembatan yang tersebar di sembilan Kecamatan.

“Total kegiatan DAK jalan dan jembatan 2019 ada 11 kegiatan dengan anggaran Rp 36 miliar. Anggaran terbesar untuk membangun jalan dua jalur Pulungkencana,” ujarnya.

Selain kegiatan tersebut, lanjut dia,  dalam APBD 2019 juga dilakukan perbaikan tujuh titik irigasi. Program ini diprioritaskan di lahan persawahan tadah hujan yang dilintasi sumber air untuk mendukung peningkatan sektor pertanian.

“Kegiatan DAK irigasi ini nilainya Rp12 miliar. Anggarannya untuk membangun tujuh titik irigasi,” kata dia.

Bahkan,  Pemkab juga akan melaksanakan kegiatan yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) senilai Rp 15 miliar yakni menyelesaikan pembangunan tahap II rumah dinas sekretaris kabupaten dan rumah dinas ketua DPRD.

Selajutnya, pembangunan kawasan adat lampung, kantor PWI, pembangunan patung minak pati prajurit di lambukibang, pembangunan rumah adat lampung dikawasan jalan protokol dan penataan kawasan agrowisata untuk lokasi taman kura-kura.

“Kegiatan itulah yang kita prioritaskan dalam APBD 2019. Jika ada kegiatan yang belum terlaksana akan dianggarkan dalam anggaran perubahan,” kata Iwan Mursalin. (RZ)

Pulungkencana-Kagunganratu

Posting Terkait