Jambu Bol Kenang Bachtiar Basri

PANARAGAN-Program Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) di era kepemimpinan Bupati Bachtiar Basri, beberapa tahun lalu, yang telah mencanagkan Gerakan Tanam Buah serentak sudah dapat dinikmati warga Tubaba.

Setelah penantian sekian lama, akhirnya jambu bol jamaika tanaman warga Tubaba saat ini telah berbuah.  “Senang sekali rasanya, saya dapat merasakan manisnya jambu jenis ini dan saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bachtiar Basri yang telah mencanangkan menanam buah jambu jamaika watu itu, ” ujarnya bangga.

Baca Juga:  Hasiah Bachtiar Buka Lomba Kesrak

Berdasarkan informasi dari rekan-rekan, bila tanaman ini ditanam di tanah akan lebih susah dibuahkan jika dibandingkan ditanam di pot (dibikin tabulampot).

Dengan media tanam di pot, perlakuan akan lebih mudah dalam perangsangan pembuahan, tapi berkat usaha dan uji coba beberapa perlakuan, akhirnya tanaman di tanah juga berhasil berbuah.

“Jambu Jamaika yang kami tanam memiliki ukuran buahnya yang besar, bahkan bisa mencapai ukuran kepalan tangan orang dewasa. Rasanyapun manis, dagingnya lebih renyah tapi lembab. Buahnya memang berbeda dari buah jambu air biasa. Tetapi, buah jambu ini sangat banyak peminatnya,” kata Parman.

Baca Juga:  Warga Gagalkan Upaya Curanmor

Senada diungkapkan tokoh masyarakat Tirta Makmur Maryanto, menilai bahwa program Bachtiar Basri waktu itu yakni pencanangan penanaman buah terutama jambu jamaika, saat ini sudah dapat dinikmati warga.

Pria hitam manis ini sekarang sudah dapat merasakan masisnya buah jambu jamaika sembari mengenang saat bersama Bachtiar Basri. “Jambu Jamaika rasanya jauh lebih enak dari jambu air biasa karena memiliki aroma segar dan bisa dikatakan tidak ada rasa asam,” ujarnya.

Baca Juga:  952 Pengurus Masjid Terima Insensif

Dirinya bersama warga lainnya lanjut mantan anggota DPRD Tubaba ini, sangat merindukan kepemimpinan siosok Bachtiar Basri yang tegas, ramah dan mengedepankan kepentingan masyarakat.(GS)

1,341 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Bachtiar barat Basri Bol Jambu Kenang Tubaba Tulangbawang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan