Jangan Sembunyikan Hal Ini dari Anak

Foto: Ilustrasi (Istimewa)

Anak merupakan peniru yang ulung, untuk itu orangtua perlu berhati-hati dalam bersikap dan berbicara kepada anak. Namun, ada hal-hal yang tak perlu ditutupi dari anak. Justru dengan melihat kondisi yang ada, mereka akan belajar banyak hal

Berikut tiga hal yang tidak perlu orangtua tutupi dari anak, seperti mengutip Parents dan melansir laman liputan6.com.

  1. Menangis

Dalam beberapa momen tertentu, seperti terharu, sedih, orangtua pasti tak bisa menahan emosi di depan anak. Tak perlu bersembunyi dari anak saat menangis.

Baca Juga:  Lakukan 5 Trik Ini Agar Anak Selalu Berselera Makan

“Anak-anak akan tahu kalau semua orang bisa menangis, tak masalah untuk mengeluarkan emosi. Justru dengan orangtua menangis di depan anak menunjukkan pada mereka, hal yang sangat normal dan manusiawi, tak perlu ada yang ditutupi,” ujar Susan Stiffelman, penulis buku Parenting With Presence: Practices for Raising Conscious, Confident, Caring Kids.

  1. Kerja keras

Biarkan juga si kecil melihat orangtuanya bekerja keras. Mereka akan melihat sendiri orangtuanya menjalani proses yang begitu sulit dan panjang hingga mendapatkan apa yang diinginkan.

Baca Juga:  Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua saat Anak Naik Motor

“Ketika orangtua sedang bekerja keras, lelah, jatuh dan berusaha lagi, anak akan melihat dengan mata kepalanya sendiri. Ini semacam pelajaran yang tak akan mereka dapatkan di bangku sekolah, justru akan sangat baik jika didapatkan dari orangtuanya,” ujar Stiffelman.

  1. Membuat anggaran

Untuk anak-anak yang sudah di usia sekolah dasar, libatkan mereka dalam mengatur keuangan keluarga. Seperti membuat anggaran dan perencanaan belanja. Menulis keperluannya yang harus dibeli.

Baca Juga:  1.000 Anak Ikuti Event Baca Buku Massal

“Banyak anak yang tak memiliki skill keuangan yang mumpuni, ketika dewasa dan jauh dari orangtua, mereka kebingungan. Untuk itu sedari kecil libatkan anak dalam membuat anggaran keluarga. Jangan beranggapan urusan uang adalah urusan orangtua, tapi lebih baik urusan semua anggota keluarga,” kata Stiffelman. (net/hp)

247 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Anak

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan