Jatim Siapkan 367 Event untuk Jaring 1 Juta Wisman

Kota Surabaya, Jawa Timur. (Ist)

SURABAYA – Provinsi Jawa Timur (Jatim) makin optimistis menjaring 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019. Untuk merealisasi target, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim sudah menyiapkan 367 event budaya dan pariwisata.

“Tahun ini, Jatim punya 367 event dan 34 diantaranya adalah event unggulan. Target kunjungan wisman ke Jatim tahun ini sebanyak 1 juta, sedangkan target kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) sudah terlampaui yakni 70 juta, ” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto, Rabu (23/1).

Baca Juga:  Kementerian Pariwisata Bidik 4 Juta Wisman Lewat Wilayah Perbatasan

Event-event unggulan tersebut antara lain Bromo Marathon, Tour de Ijen, Malang Flores Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Larung Semakin, Festival Panji, Majapahit International Travel Fair dan masih banyak lagi.

Sinarto menjelaskan, kunjungan wisatawan ke Jawa Timur pada 2018 sebanyak 830.000 orang. Lama tinggal para wisatawan ini juga bervariasi. Wisman rata-rata lama tinggal 6 hari dengan pengeluaran 132 dolar Amerika per hari. Sedangkan wisnus rata-rata lama tinggal 2 hari dengan pengeluaran Rp 400.000 per hari.

“Sektor pariwisata di Jatim memang memberikan kontribusi yang cukup besar pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Pada 2016-2017 PDRB sektor pariwisata sebesar Rp 117 triliun. Tahun ini diharapkan naik 1 persen dari Rp 117 triliun,” kata Sinarto.

Baca Juga:  Kunjungan Wisman ke Sabang Melonjak Tajam

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi Jatim yang konsisten menggelar kegiatan pariwisata tahunan. Event terpilih merupakan rangkuman kegiatan terbaik yang dimiliki Indonesia yang terdiri dari 10 Top Event serta 100 Wonderful Event. Karena semua telah menjalani kurasi yang ketat dengan standar event internasional.

“Dari 367 event tersebut terdapat delapan event yang masuk Top 100 Calender of Event 2019. Event tersebut telah terpilih melalui kurasi yang ketat berdasarkan kriteria yang ditetapkan,” ujar Menpar Arief Yahya.

Baca Juga:  Sepanjang 2018, Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik 12,58%

Delapan event tersebut antara lain Majapahit International Travel Fair, Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo, Jember Fashion Carnival, Malang Flower Festival, International Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Festival Gadrung Sewu.

“Event terpilih harus mempunyai Creative Value, Commercial Value, Communication Value, serta CEO Commitment,” pungkas Menpar Arief Yahya. (*)

Wisman

Posting Terkait