Jelang Kejurnas Mendagri, Tim Karate Lampung Siap Merebut Medali

Tim Karate Lampung tengah mempersiapkan diri mengikuti Kejuaran Nasional – (Foto Irzon)
BANDARLAMPUNG, FS – Jelang perhelatan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang akan dibuka secara resmi Jumat (24/3), di GOR Saburai Bandarlampung. Tim karate Lampung, terlihat sudah mempersiapkan diri untuk bisa merebut banyak medali dari kejuaraan tahunan tersebut.

Pelatih Kepala Andre Ahmad Januar, menjelaskan, pada kejuaran ini ada ada 29 karateka Lampung yang akan turun di berbagai kategori. Dirinya mengaku, tidak terlalu memasang target. Namun, pihaknya berharap, para karateka Lampung bisa berjuang maksimal saat pertandingan.

“Tahun lalu di kejuaraan yang sama kami mampu meraih satu medali emas, dua perak dan tiga medali perunggu. Tahun ini kami tidak mau muluk-muluk. Dengan target yang jelas, harapannya anak-anak bisa bertanding secara maksimal,” kata Andre, Kamis (23/3).

Lanjutnya, tahun ini Lampung menargetkan bisa mendapatkan lebih banyak lagi medali emas, perak atau perunggu dikejurnas karate piala Mengadri, 24-26 Maret mendatang.
Dari 29 atlet karateka, Lampung mengirimkan tiga katagori lomba diantaranya katagori kata beregu putra junior dan kata beregu putri junior serta perorangan. Katagori kata beregu putra terdiri dari tiga atlet yakni Yoga, Yogi dan Wildan. Sedangkan kata beregu putri terdiri dari Alifah, Miranda dan Seprtiani.

“Ada enam orang atlet yang beregu, dan 23 atlet lainnya mereka yang turun dikategori perorangan,”katanya.

Secara fisik, sambungnya, semua atlet dalam kondisi yang prima dan siap bertarung. Secara kualitas Lampung tak kalah dengan atlet Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu,  M Jose Rizal, peraih Best of The Best Piala Mendagri tahun 2009, mengatakan, bahwa latihan ini rutin dilakukan oleh semua atlet.Termasuk, sarana dan prasarana latihan juga telah ada, hanya saja pertandingan olahraga tak terukur itu membutuhkan keberuntungan.

“Kami sering latihan tapi saat pelaksanaan pertandingan cidera itu sama saja sia-sia latihannya. Kami selalu memberikan porsi latihan yang normal saja tapi saat pertandingan mereka tetap semangat,” tukasnya.

Selain 29 atlet, ada juga 15 perangkat pendukung kontingen karateka Lampung terdiri dari 11 pelatih. Kemudian dua official, satu manager dan satu wakil manager.

Untuk diketahui, Lampung terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Mendagri (Menteri Dalam Negeri) XIX tahun 2017. Selain mengincar juara nasional, ternyata Pemprov Lampung mempunyai misi lain.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Lampung, Heri Suliyanto mengungkapkan, kegiatan tersebut diawali dengan penataan juri tingkat nasional pada 21 sampai 23 Maret mendatang.

Selain mengincar juara nasional, kata Heri, pada momen kegiatan tersebut juga harus diperoleh manfaat lain yakni mengenalkan pariwisata di Provinsi Lampung. “Sayang sekali apabila kita tidak mengenalkan mereka kepada keindahan Lampung seperti objek wisata, produk asli, dan kuliner khas Lampung,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung itu.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Hannibal yang juga menjabat ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI), dalam persiapan menjelang terlaksananya agenda itu perlu adanya penataan GOR Saburai, sehingga lebih indah dipandang mata.

Selain mempersiapkan lapangan, sambungnya, panitia telah menyiapkan medali juara, kaos panitia, baju untuk VIP, maskot boneka, baju wasit, piagam peserta, ID Card, selendang tapis dan cinderamata. “Selain itu perlu adanya pengamanan dan petugas kesehatan, kebutuhan transportasi dan lainnya,” kata Hannibal. 

Diketahui, pembukaan Kejurnas Karate Piala Menteri Dalam Negeri ini, direncanakan dibuka langsung oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Menteri Dalam Negeri RI Tjhajo Kumolo (direncanakan), Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, beserta seluruh jajaran Forkopimda. (ZN)

182 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment