Jelang Ramadan 1439 H, Polres Tanggamus Gelar Tabligh Akbar

Jelang Ramadan 1439 H, Polres Tanggamus Gelar Tabligh Akbar

Foto: Dok.Chandra/Fajarsumatera.co.id

TANGGAMUS – JELANG Ramadan 1439 H, ribuan masyarakat hadiri Tabligh Akbar yang digelar Polres Tanggamus di halaman masjid Islamic Center Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

Tablig Akbar Polres Tanggamus bertajuk untuk Tanggamus dan Pringsewu yang Aman dan Damai dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Hari Bhayangkara ke 72 dan Pilkada 2018, dihadiri Forkopimda, Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, Komisioner KPU, Panwaslu, Kemenag, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan jamaah berasalan dari Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu.

Selain itu juga diisi ceramah agama oleh KH. Khairuddin Yusuf dari Bandar Lampung, Selasa (15/5).

Dalam sambutannya Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si mengatakan bahwa dalam kesempatan yang mulia ini, Ia mengajak semua yang hadir, dapat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunianya sehingga dapat menghadiri kegiatan,ini. Kesempatan itu juga Kapolres mengucapkan terima kasih atas kehadirannya jamaah dalam Tabligh Akbar Polres Tanggamus,terangnya.

Baca Juga:  Polres dan Kodim 0424 Tanggamus Bantu Korban Banjir

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, “Melalui Tabligh Akbar ini, marilah kita lebih mendekatkan diri dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kami berharap momen yang sangat berbahagia ini dapat dijadikan sebagai media silaturahmi untuk mempererat hubungan antar berbagai komponen, instansi pemerintah dan masyarakat sehingga mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah-tengah situasi ancaman aksi teror yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.”.

Kapolres mengaku, bahwa teror tersebut tentunya menunjukkan ancaman nyata dan tidak sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Sehingga dalam menanggulangi hal itu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah atau aparat keamanan sendiri namun semua komponen masyarakat harus memiliki kekuatan dan ketahanan diantaranya dengan wujud kesamaan persepsi mengenai arti terorisme itu sendiri.

Baca Juga:  Kapolres Tanggamus Pimpin Bakti Sosial

“Cara antisipasinya dengan meningkatkan keberanian masyarakat dalam menanggulangi terorisme serta membentuk komitmen bersama untuk mencegah dan menindak pelaku teror,”jelasnya.

Kapolres menambahkan dalam kesiapan pengamanan Pemilukada serentak tahun 2018 yakni pemilihan Gubernur dan pemilihan kepala daerah Bupati Tanggamus, tentunya juga bukan hanya tanggung jawab Polres Tanggamus semata akan tetapi perlu didukung oleh semua pihak sesuai dengan kapasitas peran dan tanggung jawab masing-masing, berkewajiban secara moral untuk memelihara situasi Pilkada damai.

Masih menurutnya,”Diharapkan ajang pesta demokrasi ini akan dimaknai oleh masing-masing peserta Pasangan calon untuk bersikap santun serta menghindari pelaksanaan kampanye hitam ataupun politik adu domba di samping itu netralitas demokrasi dari aparatur sipil negara juga dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan Pilkada damai, aman dan kondusif,”kata Kapolres.

Kapolres berpesan melihat situasi keamanan selama ini, dinamika sosial masyarakat dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial karena apabila tidak diantisipasi dengan baik dapat berkembang menjadi gangguan Kamtibmas.

Baca Juga:  Curas di Tanggamus, Akhirnya Polres Tetapkan 3 Tersangka dan 2 DPO

Adapun permasalahan krusial tersebut, antara lain terjadinya sejumlah penyakit masyarakat seperti premanisme, kejahatan jalanan, perjudian, minuman keras dan obat-obatan terlarang serta berbagai bentuk ancaman lainnya dapat memicu konflik sosial,tegasnya.

“Peran seluruh masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk membantu aparat penegak hukum dalam menekan dan meminimalisir aksi kriminalitas khususnya menjelang bulan suci Ramadan dan pelaksanaan mudik lebaran,”ujar kapolres.

Karena sebentar lagi memasuki Ramadhan, Kapolres mengajak masyarakat menunaikan ibadah dengan baik. “Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan kami berharap momen ini jangan dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan, justru Ramadhan ini jadikan sebagai ladang ibadah untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” pungkasnya. (SB/CD)

792 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Polres Tanggamus Ramadan 1439 H Tabligh Akbar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan