Jelang Ramadan Harga Bawang dan Beras Turun

KALIANDA—Menjelang pelaksanaan bulan Ramadan, lumrahnya harga barang kebutuhan pokok merangkak naik. Namun kondisi berbeda terjadi pada komoditas bawang merah dan beras yang justru mengalami penurunan harga.

Di beberapa pasar tradisional Lampung Selatan, harga bawang merah saat ini dijual Rp28 ribu per kg dari sebelumnya Rp35 ribu per kg. Adapun beras IR64 kualitas medium turun dari Rp11 ribu per kg menjadi  turun menjadi Rp10 ribu per kg.

Rafi, pedagang bumbu di Pasar Sripendowo, Kamis (19/4) mengatakan, penurunan harga tersebut sudah berlangsung sejak awal pekan ini. Selain bawang dan beras, cabai rawit juga mengalami penurunan harga.

Menurut para pedagang, berangsur turunnya harga beras ini tak lepas dari berlangsungnya musim panen padi. Harga beras diprediksi akan terus turun seiring masuknya puncak musim panen padi di sejumlah daerah.

Meski begitu, beberapa komoditas lain sebaliknya mengalami lonjakan harga secara signifikan. Bawang putih dari Rp20 ribu menjadi Rp38 ribu per kg. Adapun cabai merah besar menjadi Rp45 ribu per kg dari sebelumnya Rp45 ribu per kg.(*)

Harga Bawang dan Beras Turun

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan