John Hardi Nasution Resmi Jabat Sekda Kabupaten Asahan

Bupati Surya, resmi melantik John Hardi Nasution, sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan/Istimewa

Fajarsumatera.co.id – Bupati Surya, resmi melantik John Hardi Nasution, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, Jumat (4/6).

Pelantikan yang bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan ini, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 64.1-BKD-Tahun 2021 tentang pengangkatan pengawai negeri sipil dalam jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kabupaten Asahan.

Bupati Surya, mengatakan, pelaksanaan seleksi terbuka tahun ini dilakukan dengan melalui rangkaian proses yang sangat panjang selama pelaksanaannya, dimulai dari perolehan izin dari Gubernur Sumatera Utara tanggal 5 Januari 2021, Menteri Dalam Negeri RI tanggal 3 Februari 2021 dan Komisi Aparatur Sipil Negara tanggal 8 Februari 2021.

Baca Juga:  Lagi, 6 Orang Warga Asahan Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Hingga pelaksanaan seleksi yang dimulai sejak tanggal 22 Februari 2021 hingga diterimanya Surat Ketua Komisi Aparatur Negara Nomor B-1648/KASN/04/2021 tanggal 27 April 2021 perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Asahan, Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 821/3144/SJ tanggal 25 Mei 2021 hal persetujuan pengangkatan dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan Surat Gubernur Sumatera Utara Nomor 800/17916/BKD/III/2021 tanggal 31 Mei 2021 perihal persetujuan pengangkatan dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan.

Baca Juga:  Bupati Asahan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

“Dengan diterimanya ketiga surat tersebut, maka pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah telah sampai pada titik akhirnya, dan klimaksnya jatuh pada hari ini yaitu pelaksanaan pengambilan sumpah dan pelantikan Sekda Kabupaten Asahan,” jelas Bupati.

Ia mengatakan, jabatan sekda memiliki tiga peran, yaitu peran strategis, teknis, dan peran pendukung.

Baca Juga:  Pemkab Asahan Raih Opini WTP 4 Tahun Berturut-turut dari BPK RI

“Dalam memenuhi tuntutan tersebut, ukuran yang perlu menjadi perhatian adalah kemampuan dalam menjabarkan kebijaksanaan pimpinan, memiliki wawasan yang luas, daya analisis yang kuat, tindakan yang mempunyai landasan, kemampuan menetapkan prioritas, pengembangan imajinasi dan prakarsa serta responsif pada perkembangan dan kebutuhan masyarakat,” ucap Bupati.

Lanjutnya, sekda yang merangkap sebagai sekretaris gugus tugas dalam penanganan Covid-19, juga harus mampu mengkoordinasikan kegiatan kegiatan kepada seluruh pemangku kebijakan dalam penurunan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan.

 

Reporter : Herman Harahap

Asahan John Hardi Nasution Sekda

Posting Terkait