Jutaan Pemudik Masuki Lampung, Ini Titik Rawan Kemacetan

Lahan Parkir Pelabuhan Bakauheni Jadi Terminal

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan.

BANDAR LAMPUNG – MENGANTISIPASI bertambahnya jumlah pemudik yang akan masuk atau melewati Provinsi Lampung, Dinas Perhubungan dan kepolisian, memetakan 9 titik rawan kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan, daerah rawan macet yang dimaksud, yaitu di Pasar Unit II Kabupaten Tulangbawang, Pasar Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara, Pasar Bandar Jaya Kabupaten Lampung Tengah, Pasar Talang Padang Kabupaten Tanggamus, Pasar Pringsewu, Pasar Gadingrejo, Pasar Natar Kabupaten Lampung Selatan, THR Pasir Putih, dan sekitar Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami masih koordinasikan dengan berbagai instansi dan berbagai pihak untuk penanganan titik-titik rawan kemacetan itu, sehingga tidak menghambat kelancaran kendaraan arus mudik dan balik pada Lebaran 2018 nanti,” ujar Qodratul, Rabu (30/5).

Baca Juga:  Arus Pemudik Natal di Pelabuhan Merak Naik 106 Persen

Ia mengungkapkan, selain penanganan pada titik-titik rawan kemacetan, juga diperlukan optimalisasi fungsi terminal dengan melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan penumpang umum, pemantauan tarif angkutan umum, dan ramp check.

“Perlu disiapkan penyediaan area istirahat di jalur Jalan Lintas Sumatera, dengan memprioritaskan angkutan penumpang umum dalam pengaturan di lapangan, penyediaan sarana informasi mudik Lebaran, pengawasan keselamatan angkutan sungai, danau dan penyeberangan, pembatasan operasional angkutan barang, penyiapan mobil derek, alat-alat berat pada lokasi tertentu, dan pengaturan penumpang di terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun, dan bandara di Lampung,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, selain mewaspadai dan perlu antisipasi penanganan pada daerah rawan macet, Dishub Lampung bersama instansi terkait juga mengingatkan untuk mewaspadai daerah rawan longsor dan banjir di Lampung, antara lain terdapat 4 lokasi rawan longsor dan 6 lokasi rawan banjir di seluruh Lampung.

Baca Juga:  Pemudik Diimbau Tak Buang Sampah Sembarangan

“Kami sudah memberikan informasi terkait daerah rawan longsor dan banjir tersebut. Kami juga akan melakukan antisipasi agar pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2018 terselenggara dengan aman, nyaman, efektif dan efisien,” tandasnya.

Sebelumnya, jelang libur lebaran tahun 2018 mendatang. Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, pernah menyampaikan bahwa ada sekitar 2,3 juta pemudik yang akan menuju atau melewati Provinsi Lampung.

Di antara jutaan pemudik tersebut, ada 300 ribu kendaraan roda empat dan 180 ribu kendaraan roda dua.

Baca Juga:  Arus Pemudik Natal di Pelabuhan Merak Naik 106 Persen

“Oleh karenanya saya meminta kepada seluruh masyarakat Lampung agar mempersiapkan diri. Ini kan bisa menjadi rezeki sekaligus berikanlah keramahan bagi pemudik yang sebagian melewati Lampung,” kata Menhub Budi, saat melakukan kunjungan ke Provinsi Lampung belum lama ini.

Selain itu, pihaknya juga meminta, agar masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua (motor).

“Ini masih menjadi kendala terbesar kita (pemerintah). Karena naik motor ini kan bahaya. Saya dengan segala kerendahan hati, kalau bisa mudik menggunakan jasa angkutan umum saja. Seperti bus atau kereta api,” tukas Budi. (ZN)

622 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pemudik Titik Rawan Kemacetan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan