Kadispora Lepas Kontingen Popnas

BANDARLAMPUNG- Para atlet pelajar Lampung yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 di Semarang Jawa Tengah, diharapkan mampu mempertahankan posisi 8 besar bahkan kalau bisa menembus posisi yang lebih terhormat lagi di ajang olahraga terbesar bagi para pelajar di tanah air tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung Hannibal pada pelepasan kontingen Popnas Lampung, Jumat (8/9) kemarin di kantor Dispora Lampung, Jalan Hasanudin, Bandarlampung.

“Kalian adalah atlet-atlet pelajar terbaik yang ada di Lampung. Jadi kalian adalah tumpuan dan harapan masyarakat Lampung untuk dapat mengharumkan nama daerah di Popnas tahun ini. Dan saya optimis, sejarah para atlet berprestasi Lampung dapat terus terjaga bahkan lebih baik,” kata Hannibal dalam kata sambutannya.

Baca Juga:  Dispora Lampung Gelar Latihan Bersama Karateka

Kadispora juga berpesan agar seluruh atlet yang berjuang di Popnas, mampu menanamkan mental juara. Jangan bersikap cengeng atau pesimis, kalaupun kalah harus secara terhormat dan menang pun harus secara terhormat. Artinya, untuk meraih kemenangan dengan menghahalkan segala macam cara yang tidak fair.

“Pada Popnas XIII dua tahun lalu di Jawa Barat, kontingen Lampung berada di peringkat 8, targetnya tahun ini bisa meningkat, ya syukur-syukur bisa menembus peringkat 5. Dan saya yakin dengan kemampuan para atlet Lampung yang telah menjalani latihan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga:  Dispora Lampung Berangkatkan Atlet Terbaik ke Popnas

Total kontingen Popnas Lampung yaitu 155 orang terdiri dari 106 atlet sisanya pelatih dan  oficial. Pada Popnas kali ini, Lampung akan mengikuti 17 Cabor yang terdiri dari 14 cabor yang memperebutkan  medali, yaitu Angkat Besi, Atletik, Senam, Panahan, Karate, Tenis Meja, Gulat, Sepak Takraw (putri), Tinju, Renang, Tarung Derajat, Taekwondo, Judo, Bola Voli (pa/pi). Sementara untuk 3 cabang olahraga eksebisi adalah Wushu, Anggar dan Panjat Tebing yang akan berkompetisi di ajang Popnas XIV terpusat di kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Dispora Lampung Gelar Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar Tahun 2017

Beberapa cabor yang menjadi unggulan Lampung untuk mendulang medali emas meliputi Angkat Besi,  Atletik, Senam, Panahan, Karate, Taekwondo, Tarung Derajat dan Renang. Namun tidak menutup cabor lainnya juga untuk meraih medali sehingga dapat mengatrol perolehan medali bagi kontingen Lampung.

Sementara Ketua Kontingen Popnas Lampung, Edi Sunarso mengatakan, untuk reward atlet pada ajang Popnas XIV memang tahun ini tidak ada, karena adanya faktor efisiensi anggaran. “Tadinya sudah diajukan oleh Dispora, tetapi dihapus. Kewenangan soal reward sekarang ada di bagian Kasi Penghargaan,” pungkasnya. (*)

Dispora Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan