Kapolda Besuk Korban Bentrokan Mesuji

Kapolda Lampung Brigadir Jenderal, Pol.Sudjarno (Ist)

BANDARLAMPUNG– Bentrok yang terjadi antara warga Desa Sungai Cambai, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji dengan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) PT Prima Alumga pada Selasa (1/8), menyisakan korban luka tembak. Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Sudjarno menjenguk salah satu warga Sungai Cambai bernama Irsan alias Ecan (25) yang mengalami luka tembak di perut bagian kanan yang saat ini dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Abdul Moeloek Lampung, Rabu (2/8).

Baca Juga:  Ini Pesan Andi Surya untuk Kapolda Lampung yang Baru

Kapolda mengatakan, bentrok warga dan Pam Swakarsa yang terjadi pada Selasa (1/8) petang sekitar pukul 18.00 Wib. Bentrokan tersebut diduga dipicu masalah pencurian kelapa sawit milik PT Prima Alumga yang dilakukan oleh warga sehingga terjadi keributan yang berujung adanya tembakan. Korban lain yang mengalami luka adalah Gendi (50) dan Jendrik (30) luka di kaki) sekarang sedang dirawat di RS Mutiara Bunda Unit 2.

“Gejolak antara warga dan anggota Pam Swakarsa tadi malam (Selasa, 1/8) mengakibatkan dua korban dari Pam Swakarsa mengalami luka tembak dan satu korban dari warga yang kini dirawat di RSUD Abdul Moeloek,” ujar Kapolda saat ditemui usai menjenguk korban luka tembak, Rabu (2/8).

Baca Juga:  Kapolda Lampung Janjikan Reward Anggota Berprestasi

Pemindahan portal oleh PT Prima Alumga dari kanal Riuh Tangis menjadi lebih mau 1 kilometer membuat suasana kian panas. Warga pun mencoba menerobosnya. “Sehingga terjadilah keributan. Namun, saat ini kondisinya sudah mulai kondusif dan anggota kami sedang melakukan olah TKP,” terang Sudjarno.

Dia menambahkan, untuk mengamankan tempat kejadian perkara, pihaknya menurunkan satu kompi personel dan Kapolres Mesuji AKBP Teguh Prabowo sudah berada di lokasi. ”Sementara ini, belum ada yang diamankan dan ditetapkan tersangka. Yang penting kondisi korban bisa sembuh untuk segera ditangani,” pungkasnya.

Baca Juga:  Malam Tahun Baru, Gubernur Ridho Tetap Pastikan Kondisi Pengungsi Dalam Keadaan Baik

Selain mengakibatkan korban luka tembak, bentrokan juga membuat sejumlah mess dan kantor utama PT Prima Alumga terbakar. Beberapa bangunan yang hangus dilahap api di antaranya H3 dan pos jaga, tempat parkir, satu truk, tiga traktor, dua sepeda motor anggota Polri, lima motor milik Pam Swakarsa, dan 12 mess mkaryawan. (JC)

Kapolda Lampung

Posting Terkait