Karena 5 Manfaat Ini Kurma Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Kurma. (Ist)

Jakarta – Punya segudang manfaat, ternyata menjadi alasan kenapa kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma jadi salah satu buah yang identik saat Ramadan.

Bukan tanpa alasan mengapa kurma jadi buah primadona saat puasa. Buah asal Timur Tengah ini sering jadi pilihan berbuka karena memiliki manfaat untuk kesehatan. Biasanya, saat berbuka dianjurkan untuk menikmati dengan beberapa buah kurma dan segelas air putih. Tak hanya jadi pasokan energi, kurma juga sangat baik untuk pencernaan.

Asupan serat dalam sehari seseorang adalah 20-35 gram per hari. Seperti yang dilansir dari detik.com, berikut ini beberapa manfaat buah kurma yang sangat baik bagi kesehatan.

1. Pasokan energi

Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat sebagai memasok energi sesaat setelah berbuka. Dalam sebutir kurma mengandung 23 kalori. Sementara itu, untuk 100 gram kurma (sekitar 8-10 butir) mengandung karbohidrat sebanyak 73,5 gr, serat 7,5 gr, gula 66 gr, protein 2 gr dan lemak 0,45 gr.

Selain itu, kurma juga mengandung banyak mineral dan vitamin. Selain itu, kurma juga mengandung kalsium 32 mg, magnesium 35 mg, selenium 1,9 gr, fosfor 40 mg dan potassium 652 gr. Disarankan mengonsumsi 1-3 butir kurma saat berbuka.

2. Kuatkan tulang

Sejumlah besar mineral yang ada di kurma sangat baik untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit. Rajin konsumsi kurma juga bisa membantu cegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan kurma mengandung selenium, mangan, magnesium dan tembaga. Semuanya diperlukan untuk perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat.

3. Lancarkan pencernaan

Kurma mengandung serat larut yang cukup tinggi. Konsumsilah kurma dengan paduan air putih, atau Anda dapat merendam kurma dalam air semalam dan mengonsumsinya pada keesokan paginya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa konsumsi kurma setiap hari selama puasa untuk membantu cegah sembelit dan meningkatkan gerakan peristaltik dari usus sehingga pencernaan lebih lancar.

4. Cegah anemia

Kurma juga mengandung zat besi yang bisa jadi pencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam buah ini bisa membantu atasi anemia yang memiliki gejala seperti perasaan lelah dan lesu. Dengan rajin makan kurma tentu pasokan energi dan kekuatan akan kembali.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Kurma jadi salah satu buah kering yang sehat untuk jantung. Kurma juga jadi sumber pottasium yang sangat baik untuk kurangi risiko stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Tak hanya itu, konsumsi kurma juga akan menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh yang sebabkan kenaikan berat badan dan penyakit kardiovaskular.  (net/hp)

471 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Kurma

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan