Kasus Bambang Kurniawan, Anggota DPRD Tangggamus Kelat-kelit Dipersidangan

Ilustrasi (Ist)

BANDARLAMPUNG-Sidang dugaan gratifikasi mantan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan kembali digelar di Pengadilan Negeri Klas 1A Tanjungkarang, Bandarlampung, Kamis (4/5). Sidang yang berlangsung selama hampir empat jam, dengan agenda mendengarkan dan mengkonfrontir keterangan 34 saksi yang terdiri para anggota DPRD Tanggamus.

Ketua Majelis Hakim Minanoer Rahman sempat marah terhadap para saksi karena memberikan keterangan berbelit dan saling melempar kesalahan sesama saksi. “Kalau seperti kalian ini memimpin masyarakat sangat disayangkan sekali, untuk membahas satu persoalan saja sangat sulit,” kata Minanoer Rahman dengan nada marah.

Baca Juga:  Bambang Kurniawan Ikhlas Dihukum 2 Tahun Penjara

‎Bahkan, Ketua Majelis Hakim itu sempat meneteskan air mata karena prihatin dengan Tanggamus yang dinilai memiliki potensi bagus namun pemimpinnya seperti orang-orang yang menjadi saksi di persidangan. “Bagaimana kalian mau memimpin masyarakat, saya geleng-geleng sama kalian semua, kalau kalian saja seperti ini, bagaimana rakyat mau sejahtera,” tegasnya.

‎Ia menambahkan, jangan hanya karena kekuasaan, masyatakat dikorbankan. Jika bertujuan mengejar kekuasaan tidak mungkin Kabupaten Tanggamus akan maju.

Baca Juga:  Istri Bambang Kurniawan Nyalon Bupati Tanggamus??

“Tidak mungkin maju Kabupaten Tanggamus kalau seperti ini. Saya tidak rela Kabupaten Tanggamus menjadi tempat pertarungan kekuasaan,” ujarnya.

Ketua Hakim mengaku hanya sebentar di Lampung, hanya beberapa bulan setelah itu pindah lagi. “Tetapi, sangat disayangkan jika kabupaten ini para pemimpinya seperti ini,” kata Minanoer Rahman.

Menurut dia, hukum tetaplah hukum yang tidak dapat digunakan untuk kepentingan lain. Karena itu, taati aturan dan hukum yang ada. “Mudah-mudahan masyarakat Tanggamus bisa makmur,” imbuh Majelis Hakim.

Baca Juga:  Jaksa KPK Tuntut Bambang Kurniawan 3 Tahun Penjara

Selama persidangan, pengunjung tidak diperbolehkan masuk yang dipenuhi seluruh saksi. Meski demikian pintu utama ruang persidangan tetap dibuka dan dijaga petugas bersenjata lengkap. Di luar ruangan terlihat masa Bambang dan Anggota DPRD memantau jalannya persidangan. Sidang akan dilanjutkan pada Jumat dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa‎. (HC)

Bambang Kurniawan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan