Kasus Dishub Tanggamus Bakal Diusut Lagi ?

Ibnu Mazjah, anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia/FS

Fajar Sumatera – Komisi Kejaksaan atau Komjak Republik Indonesia, menindak lanjuti laporan masyarakat, terkait diberhentikannya penyelidikan kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan lampu penerangan jalan, serta feasibility study jalur kereta api Pringsewu-Tanggamus pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus, yang terjadi pada tahun anggaran 2016 lalu.

Dalam hal ini, Komisi Kejaksaan Republik Indonesia membenarkan bahwa penghentian penyelidikan kasus tersebut, merupakan salah satu yang menyita perhatian masyarakat, sehingga dirasa perlu untuk dimintai klarifikasi kepada jaksa yang menangani kasus yang turut menyeret nama sekretaris daerah  Tanggamus tersebut.

Baca Juga:  Tujuan Utama Komjak ke Kejati Lampung: Pantau 8 Aduan & Kasus yang Jadi Perhatian Publik

Dari hasil wawancara yang dilakukan Komisi Kejaksaan, didapati bahwa penghentian penyelidikan kasus yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri Tanggamus sudah sesuai,

“Bahwa kasus ini dapat saja dilanjutkan penyelidikannya kembali, jika nantinya ditemukan ada bukti – bukti yang baru,” kata Ibnu Mazjah, anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Sabtu (21/11).

Diketahui sebelumnya, dugaan korupsi dua proyek pengadaan di Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus tersebut, mencuat setelah adanya laporan dari masyarakat tentang lampu jalan yang diduga tidak sesuai spek, yang pengadaannya sendiri telah menelan anggaran sebesar Rp3,2 miliar.

Baca Juga:  Komjak Minta Berkas Pemeriksaan Oknum Jaksa ke Kejagung yang Muncul di Tiap Kasus Hasil OTT KPK

Sementara dugaan korupsi pada proyek feasibility jalur kereta api Pringsewu Tanggamus, didapati setelah membaca draft laporan akhir studi kelayakan jalur kereta api tersebut, yang tertuang dalam bentuk buku setebal 36 halaman, dengan anggaran sebesar Rp390 juta.

Dalam buku hasil penelitian tersebut, terlihat tidak terdapatnya keterangan penanggung jawab pelaksana kajian, serta diduga isi buku tersebut hanya sebuah karangan copy paste dari data pemerintah yang sudah ada.

Baca Juga:  Komjak Jadwalkan Kunjungan ke Kejaksaan Tinggi Lampung

 

Reporter : Tinus Ristanto

anggota Komisi Kejaksaan Republik Indonesia Dishub Tanggamus Ibnu Mazjah Komisi Kejaksaan

Posting Terkait