Kegiatan Pramuka Lamteng Dinilai tidak Umum

Ilustrasi Pramuka (Ist)

BANDARLAMPUNG-Kwarda Pramuka Provinsi Lampung menilai kegiatan Kwartir Pramuka Lampung Tengah (Lamteng) tidak umum terkait meminta swadaya masyarakat dan anggota dalam menggalang dana untuk kegiatan bedah rumah dan perbaikan jalan.

”Kalau Pramuka minta  penggalangan dana itu tidak umum, kecuali pasca adanya bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Kemudian adanya gerakan Pramuka peduli yang menghimpun dana menyalurkan dana itu untuk korban bencana alam, itu wajar saja,” kata Ketua Harian Kwarda Pramuka Lampung, Zainuri, Rabu (9/8).

Pembangunan perbaikan infrastruktur jalan itu merupakan sudah menjadi tugas dari pemerintah kabupaten setempat.

Baca Juga:  Kwarda Lampung Baksos di Kalianda

“Kalau Pramuka mau ikut bergotong royong melakukan perbaikan jalan itu mungkin melalui tenaga. Tapi kalau turun langsung melakukan penggalangan dana, itu sudah tidak lazim,” tegasnya.

Anggota pramuka jangan memikirkan dana untuk turut serta membantu masyarakat setempat. Karena, sesuai UU 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka bahwa untuk kepala daerah, Gubernur, Bupati/Walikota itu ada kewajiban memberikan bantuan dana melalui APBD untuk biaya kepramukaan.

Sesuai norma-norma gerakan pramuka untuk membantu masyarakat dengan bergotong-royong dan peduli sesam, mungkin melalui menyumbang tenaga,” ujarnya.

Di lain sisi, ia berjanji akan mengecek kebenaran terkait adanya penarikan sumbangan dari Kwarda Pramuka Lampung Tengah (Lamteng) ke sesama anggota dan masyarakat untuk melakukan perbaikan jalan dan bedah rumah.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Lepas Pramuka ke Jambore ASEAN di Filipina

“Kami belum tahu adanya surat itu, jadi belum bisa komentar. Kami juga akan mengecek kebenaran adanya surat itu,” katanya.

Sementara itu, Kwartir Pramuka Lampung Tengah mengakui adanya penggalangan dana dari sesama anggota pramuka dan masyarakat untuk kegiatan bedah rumah masyarakat tidak mampu dan perbaikan akses jalan kecamatan Kotagajah, Lamteng.

“Benar adanya penggalangan dana untuk kegiatan bedah rumah dan perbaikan jalan,” kata Anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lamteng, Wahyu Aji Pangestu.

Baca Juga:  Gubernur Lampung Semangati Kader Pramuka

Ia mengaku hanya memfasilitasi masyarakat dalam menggalang dana untuk perbaikan akses jalan dan bedah rumah.“Kegiatan ini dari pramuka. Targetnya gak banyak dan kami tidak menentukan jumlah nominal untuk masyarakat maupun anggota pramuka yang ingin turut serta mensukseskan kegiatan ini,” ucapnya.

Untuk kegiatan bedah rumah, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pengecekan terkait warga tidak mampu yang mendapat bedah rumah dari kegiatan pramuka ini.

“Jatah bedah rumah ini untuk satu orang. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19 Agustus mendatang. Kemudian, tanggal 20-21 Agustus merupakan akhir waktu penggalangan dananya,” ucapnya. (TM)

Pramuka

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan