Keistimewaan Plt Bupati Lampung Utara Budi Utomo Dalam Korupsi Agung Ilmu Mangkunegara

Sidang Korupsi Agung 8 Maret 2020: Syamsir dan Budi Utomo Jadi Saksi di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang

Plt Bupati Lampung Utara Budi Utomo. Foto: Istimewa

Bandar Lampung – Ada satu sosok yang pada akhirnya tidak dimintai keterangan sebagai saksi di dalam persidangan kasus korupsi Bupati Lampung Utara non aktif Agung Ilmu Mangkunegara.

Sosok ini awal-awal diagendakan untuk memberikan kesaksian di hadapan majelis hakim pada Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungkarang.

Dia adalah Budi Utomo. Sekarang dia adalah Plt Bupati Lampung Utara. Ia sedianya dimintai keterangan sebagai Wakil Bupati Lampung Utara saat Agung Ilmu Mangkunegara menjadi atasannya.

Kapan dia dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)? Tepatnya Kamis lalu, 2 April 2020. Ia bagian dari rombongan saksi saat Plt BPKAD Lampung Utara Desyadi dihadirkan di persidangan.

Saat itu Budi Utomo tidak hadir dikarenakan sakit. Setelah hari itu, Budi Utomo tidak dijadwalkan lagi untuk menjadi saksi.

Perlakuan Budi Utomo agaknya berbeda dengan saksi lainnya. Misalnya, Sri Widodo dan Maya Metissa. Mereka pernah mangkir dari panggilan KPK namun tetap diagendakan di kemudian hari hingga akhirnya dua orang itu hadir dan memberikan kesaksian.

Fajar Sumatera sedianya sudah menanyakan perihal apakah KPK memberikan keistimewaan kepada Budi Utomo atau tidak. Namun, hingga produk pers ini ditulis tidak ada jawaban dari KPK.

Jika melihat keterlibatan Budi Utomo, ia berada pada peristiwa dugaan aliran uang yang diberikan kepada oknum auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Lampung bernama Frenki Harditama.

Ketua Majelis Hakim Efiyanto yang memimpin persidangan itu, Rabu lalu, 8 April 2020 mengatakan tidak tahu menahu perihal pemanggilan saksi Budi Utomo selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, persidangan untuk perkara korupsi ini, Selasa lalu, 9 Juni 2020, sudah memasuki tahap pembacaan surat tuntutan oleh JPU pada KPK. (Ricardo Hutabarat)

Budi Utomo Jadi Saksi KPK Kasus Korupsi Agung Ilmu Mangkunegara Korupsi Agung Ilmu Mangkunegara KPK

Posting Terkait