Kelas Inspirasi Tingkatkan Pelayanan Guru PAUD

Foto: Istimewa

KALIANDA – Pelaksana tugas  (Plt) Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Winarni Nanang Ermanto berharap kelas inspiratif menjadi kesempatan bagi guru PAUD memiliki motivasi,inspirasi bagi anak anak usia dini.

Kegiatan kelas inspirasi yang digelar bagi ratusan guru PAUD diharapkan dapat memberi pemahaman bagi guru untuk meningkatkan pelayanan.

“Sebab guru PAUD memiliki peranan dalam menyiapkan anak usia dini sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar,”kata Winarni, Kamis (12/3).

Kreatifitas para guru PAUD yang terus ditingkatkan melalui cara pengajaran kreatif salah satunya mendongeng.

Baca Juga:  Guru PAUD Tanggamus Diminta Berinovasi

Winarni menambahkan, kelas inspiratif bagi guru PAUD di Lamsel digelar untuk tujuan jangka panjang.

“Tujuan kelas inspiratif bagi pendidikan PAUD yang berkualitas, kreatif,inovatif dalam mendesain kegiatan pembelajaran yang bermutu. Tujuan yang ingin dicapai menurutnya mewujudkan generasi emas tahun 2045,” kata dia.

Dibutuhkan strategi yang tepat dan dinamis menyesuaikan perkembangan zaman untuk mendukung kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dinamis dan mengedepankan hak dan pemenuhan kebutuhan anak.

Kegiatan kelas inspirasi, imbuh Winarni, menjadi kesempatan untuk memajukan PAUD.

Sebagai upaya tersebut Pemkab Lamsel melalui Dinas Pendidikan telah menaikkan anggaran bagi insentif guru PAUD. Sesuai data di wilayah Lamsel terdapat sebanyak 2547 guru PAUD dengan sebanyak 1877 guru PAUD mendapat insentif sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Kelas Inspirasi Polsek Tumijajar Dikagumi Siswa Wahana Profesi

Kelas Inspirasi bagi titik I yang digelar Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Lamsel diharapkan memiliki tujuan positif. Sebab kegiatan tersebut melibatkan tenaga pendidik PAUD melibatkan peran serta orangtua wali untuk mengarahkan putera puterinya memiliki karakter, budi pekerti luhur, sopan santun dan disiplin. Selain motivasi anak anak akan dilatih untuk bangga dan percaya diri.

Baca Juga:  Kelas Inspirasi Polsek Tumijajar Dikagumi Siswa Wahana Profesi

Winarni menerangkan, Guru PAUD akan mendapat inspirasi dari sejumlah pemateri diantaranya pendongeng dari komunitas dakocan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lamsel,Thomas Amirico menyebut kelas inspirasi bertujuan memotivasi guru meningkatkan mutu pengajaran. Sebagai langkah konkrit Disdik memprogramkan sejumlah aspek.

“Aspek yang akan ditingkatkan meliputi perbaikan infrastruktur pendidikan, peningkatan kinerja, peningkatan metode pembelajaran dan membangun koordinasi dengan perangkat desa,” kata Thomas.

Dia menambahkan, selain peningkatan kapasitas guru PAUD upaya peningkatan insentif juga menjadi perhatian bagi Disdik Lamsel.(ES)

Guru PAUD Kelas Inspirasi Winarni Nanang Ermanto

Posting Terkait