Kemendag Gelar Pasar Murah di Lamtim

­

Ilustrasi. (Ist)

Ilustrasi. (Ist)

SEKAMPUNG—Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim sangat mengapresiasi pelaksanaan pasar murah yang diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang bekerjasama dengan PT. Sungai Budi dan PT. Wilmar di Pondok Pesantren Al Ikhsan Desa Karya Mukti, Sekampung dan Pondok Pesantren Bahril Wahdi Desa Negeri Jemanten, Marga Tiga , Senin (12/6).

“Ini jadi inspirasi, kita akan kumpulkan perusahaan perusahaan untuk membuat acara semacam ini selanjutnya. Jadi pemerintah pusat dalam hal ini telah memberi contoh yang baik dan kita akan lanjutkan di Lampung Timur kedepan,” kata Chusnunia.

Dalam kegiatan ini turut hadir Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Perdagangan, Suhanto dan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana.

Suhanto mengatakan, kegiatan pasar murah kali ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan berbagai perusahaan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang didukung oleh pondok pesantren yang tersebar di 300 titik di seluruh Indonesia.

Masih menurut Sudanto, untuk di Kabupaten Lampung Timur sendiri terdapat dua titik lokasi pasar yaitu untuk Kecamatan Sekampung yang disponsori oleh PT. Sungai Budi dan Kecamatan Marga Tiga disponsori oleh PT. Wilmar dimana yang hasil penjualannya akan diserahkan kepada pondok pesantren.

“Kita bersama perusahaan mencoba memberikan bantuan kepada masyarakat menyiapkan sembako yang aslinya harga per paket adalah 100 ribu, pada hari ini kita jual 50 ribu,” ujarnya.

“Alhamdulillah, mudah mudahan dapat bermanfaat meningkatkan kualitas pondok pesantren. Karena cukup lumayan dengan seribu paket dengan harga 50 ribu, maka Insya Allah kalau terjual semua akan didapat dana 50 juta yang diserahkan ke pondok pesantren.”

Bagian Perekonomian Sekretariat Kabupaten Lampung Timur juga melakukan operasi pasar di Lapangan Polsek Sukadana dengan menggandeng Polres Lampung Timur, Bank Lampung Cabang Sukadana, PT.NTF, Bank Eka Cabang Way Jepara, Perum Bulog Subdivre Lampung Tengah, PT.PPI, Toko Tani Indonesia, CV. Shafara, Indomaret, Toko Cantika dan Sahara Cake sebagai mitra kerja operasi pasar.

Menurut Mujianto selaku Kabag Perekonomian Setdakab Lampung Timur, operasi pasar kali ini direncanakan dilaksanakan di empat lokasi berbeda yaitu, pada hari ini, Senin 12 Juni 2017 di Lapangan Polsek Sukadana.

Kemudian pada hari Rabu, 14 Juni 2017 direncanakan dilaksanakan di Depan Kantor Kecamatan Pekalongan dan dilanjutkan pada Senin 19 Juni 2017 di Lapangan Desa Braja Sakti, Way Jepara. Kemudian, terakhir operasi pasar akan dilakukan di Lapangan Desa Sukorahayu, Labuhan Maringgai pada Rabu 21 Juni 2017.

Adanya operasi pasar ini diharapkan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat ekonomi lemah terhadap bahan pangan pokok dapat terpenuhi. Operasi pasar ini bertujuan memberi andil untuk menstabilkan harga yang ada dipasaran yang biasanya cenderung merangkak naik menjelang Hari Raya Idul Fitri.(RA)

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan