Kemendag Jual Sembako Murah di 400 Titik se-Indonesia

Pasar sembako murah di Ponpes Al-Muayyad Windan, Kartasura, Sukoharjo. (Istimewa)

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar pasar murah sembako. Di tahun keduanya, pasar murah diadakan di 400 titik se-Indonesia atau dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, mengatakan pasar murah Ramadan ini digelar mayoritas di pondok pesantren (ponpes).

Baca Juga:  Kemendag Izinkan Impor Jagung Untuk Kebutuhan Industri

“Paket sembako seharga Rp 120 ribu kita jual Rp 50 ribu. Dengan ini, masyarakat kita ajak niatnya bersedekah, karena uangnya nanti digunakan untuk pengembangan pesantren,” kata Eva di pasar murah Ponpes Al-Muayyad Windan, Kartasura, Sukoharjo, seperti yang dilansir dari detik.com, Jumat (25/5/2018).

Di setiap titik, Kemendag menyiapkan 500 paket sembako. Satu paketnya berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg dan 1 botol sirup.

Baca Juga:  Harga Kebutuhan Pokok Stabil, Rakyat Senang

“Pasar murah ini hasil kerja sama dengan sekitar 40 perusahaan melalui dana program tanggung jawab sosialnya,” ujarnya.

Melalui pasar murah, Kemendag sekaligus memantau harga-harga bahan pangan di tiap daerah. Menurutnya, beberapa bahan pangan yang perlu diperhatikan Ramadan ini ialah ayam dan telur.

Harga dua komoditas tersebut, kata dia, saling berhubungan. Keduanya terpantau mengalami kenaikan harga di beberapa daerah. Eva mengaku akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencarikan solusi.

Baca Juga:  Satgas Pangan: Tak Ada Penimbunan Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru

“Penyebabnya bisa di produksi, yaitu masalah pakan atau penyakit. Atau bisa juga masalah distribusi. Pedagang dan peternak akan kita ajak duduk bersama dan kita carikan solusi bersama kementerian lain,” tutupnya. (net/hp)

Kemendag Sembako

Posting Terkait