Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis

Foto: Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Bagi sebagian orang mudik atau pulang kampung untuk bertemu keluarga dan kerabat selalu dilakukan menjelang Perayaan Idul Fitri.

Namun, terkadang pemudik menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung yang jaraknya jauh. Padahal, hal itu tidak dianjurkan. Pasalnya, pemudik bakal cepat lelah dan bisa berujung kecelakaan.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan kembali akan menggelar mudik gratis khusus pengguna motor pada tahun ini. Dengan adanya mudik gratis, diharapkan bisa mengurangi pemudik jarak jauh yang menggunakan sepeda motor.

Baca Juga:  Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Sepi Peminat

Seperti yang dilansir dari liputan6.com, Kemenhub bakal menyediakan setidaknya 1.130 bus dan 70 truk untuk membawa pemudik ke tujuannya masing-masing.

Mudik gratis ini bakal menyediakan moda transportasi darat dan laut. Mulai dari kereta api, bus, dan kapal laut. Terdapat 32 kota tujuan mudik gratis tersebut. Berikut kota-kota tujuannya.

Kota Padang, Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Banjar, Yogyakarta, Wonosari, Tegal, Pemalang, Kota Pekalongan, Semarang, Salatiga, Boyolali, Demak, Kudus, Blora, dan kota Pati.

Baca Juga:  Warga Berharap Mudik Gratis Lampung-Jakarta Berlanjut

Tak hanya itu, tujuan lainnya ialah Kota Jepara, Purwodadi, Solo,  Sragen,  Klaten, Temanggung, Wonosobo, Cilacap, Purwokerto, Magelang, Kebumen, Wonogiri, dan Madiun.

Bagi Anda yang minat caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar secara langsung ditempat yang telah ditetapkan atau daftar secara online dengan membuka website www.mudikgratis.dephub.go.id, upload data dan persyaratan yang diperlukan.

Baca Juga:  Dishub Lampung Berikan Mudik Gratis

Lalu Anda bakal mendapatkan kode booking. Akan diberi waktu selama 3 hari untuk verifikasi pendaftaran. Apabila Anda tidak melakukan verifikasi, kode booking tidak berlaku.

Perlu diketahui, pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus dan Kapal Roro mulai tanggal 25 Maret 2018. Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.

Ayo daftarkan diri Anda dan keluarga untuk mudik gratis dari Kemenhub.

(net/hp)

Mudik gratis

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan