Kemenpar Gelar Lomba Video Kreatif

Raditya Dika. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Genpi.co mengadakan lomba video kreatif #PesonaAsianGames2018. Seiring bergulirnya event Asian Games 2018, Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong masyarakat untuk mendukung ajang olahraga terbesar se-Asia itu. Bahkan, dia berharap masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan momen Asian Games untuk berkreasi.

“Asian Games ini sudah mulai. Kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk menghasilkan karya terbaik. Ingat, waktu lomba juga terus berjalan. Segera buat karya terbaik dan kirimkan,” kata Arief.

Nah, bagi siapa pun yang ingin mengikuti lomba Video Pesona Asian Games 2018, bisa mempelajari contoh dan panduan dari juri utama lomba video kreatif Raditya Dika. Bahkan, Radit sudah membagikan berbagai tips melalui akun Instagramnya @raditya_dika.

“Asian Games resmi dibuka. Yuk, kirim lagi video-video kreatifnya. Kirim sebanyak mungkin dengan ide-ide segarnya. Yang jelas, momentum Asian Games ini harus dimanfaatkan untuk hal positif,” ajak Radit kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Kalau masih butuh referensi materi lomba, silakan searching di akun media sosial (medsos) Genpi.co. Di situ ada beragam teaser video yang bisa dijadikan referensi.

Sebenarnya, cara mengikuti lomba Video Pesona Asian Games 2018 relatif mudah. Cukup buat video sekreatif mungkin dengan tema Asian Games 2018. Genrenya bisa komedi, drama, musikal, juga lainnya.

“Saya ingatkan kembali, untuk materi Lomba Video Pesona Asian Games 2018 ini durasi minimal satu menit dan maksimalnya tiga menit. Proses pembuatannya dibikin simpel saja yang penting unik dan menarik. Sebelumnya juga sudah diberikan tips-tipsnya dan aturannya secara jelas,” tutur pemeran film Koala Kumal tersebut.

Bila materinya sudah siap, langsung unggah ke Facebook dan YouTube. Jangan lupa tambahkan hashtag, #PesonaAsianGames2018, #PesonaVideoAG2018, #PesonaIndonesia, #WonderfulIndonesia, dan #Genpi.

Para peserta juga harus mengunggah video teaser ke Instagram. Setiap peserta wajib follow akun IG @GenPI.co, @kemenpar, dan @pesonaid_travel. Lalu kirim hasil link video ke email redaksi@genpi.co dengan subyek ‘Lomba Video #PesonaAsianGames2018’. Lalu, cantumkan akun medsos masing-masing.

“Aturan mainnya masih sama seperti kemarin. Setiap peserta boleh melombakan lebih dari satu video. Untuk periode lombanya juga masih sama, 16 Juli hingga 2 September. Yang terpenting video-video ini tidak mengandung unsur politik, hoax, dan SARA. Pengumuman para juaranya masih on schedule di 10 September nanti,” terangnya.

Selama periode lomba, kurator akan mendata, mengumpulkan, menilai, dan mengeliminasi video yang dikirimkan. Juri utama akan memilih 3 pemenang dari 10 video terbaik. Periode penjuriannya berlangsung pada 3-9 September 2018.

“Yang jelas keputusan dari juri ini mutlak. Makanya, kirimlah materi lomba terbaik agar bisa juara dan mendapatkan hadiah,” tutur artis sekaligus influencer media sosial tersebut.

Tenang saja, ada beragam hadiah menarik yang sudah disiapkan untuk para pemenang. Juara pertama akan mendapatkan uang tunai Rp 50 juta. Juara kedua mendapatkan uang tunai Rp 30 juta dan juara ketiga Rp 10 juta. Di samping itu, ada kuis yang berhadiah total Rp 25 juta.

“Hadiahnya sangat menarik. Bukan hanya uang, tapi juga paket liburan ke Labuan Bajo. Semuanya akan ditanggung,” kata Radit seperti yang dilansir detik.com. (net/hp)

715 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Video Kreatif

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan