Kementan Jamin Stok Beras Selama 2018

Operasi Pasar Bulog Tekan Harga Beras di Lampung

Beras Bulog. (net)

JAKARTA—Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan beras sepanjang 2018 tercukupi. Meski stok yang ada terbatas, namun banyaknya moment panen raya tahun ini diyakini mampu menutupi kebutuhan beras hingga akhir tahun.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, stok beras saat ini yang hanya 1 juta ton tetap angka yang aman. Pasalnya, selama November 2017-Januari 2018, panen terus berlangsung.

“Paceklik hilang dan stok 1 juta ton untuk tiga minggu ke depan itu berbahaya. Harga bisa jatuh karena panen raya,” katanya.

Untuk itu ia meminta Perum Bulog menyerap beras 3,7 juta ton dari petani pada 2018, naik dari realisasi tahun lalu 2,2 juta ton. Kementan memastikan tidak ada paceklik tahun ini sehubungan dengan pelaksanaan program bernama Upaya Khusus (Upsus).

Kementan menetapkan Bulog harus menyerap 2,8 juta ton setara beras atau 76% dari target selama panen raya dan panen gadu April-Juni untuk mencegah harga pangan utama itu merosot saat musim panen awal tahun.

Bila Bulog mampu menyerap 3,7 juta ton beras, maka stok beras akhir Desember 2018 akan mencapai 2,2 juta ton alias sangat aman. Tahun lalu, Bulog hanya menyerap 2,2 juta ton setara beras dari target sebanyak 3,7 juta ton. Realisasi itu sekaligus jatuh 27% dari pencapaian 2016. BUMN pangan itu hanya menyerap 42% target dari idealnya 70% saat panen raya Februari-April 2017.

Sejak 2015, Kementan memperkenalkan program Upsus padi, jagung, kedelai (Upsus Pajale), a.l. membangun infrastruktur irigasi, perluasan lahan, mekanisasi, bantuan benih, subsidi pupuk, dan asuransi usaha tani.(*)

138 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

stok beras 2018

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan