Kementerian Perhubungan Jamin Tak Ada Pungli di Jembatan Timbang

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Kementerian Perhubungan terus meningkatkan kualitas pelayanan di jembatan timbang. Salah satunya adalah menghilangkan praktik pungli.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, Kemenhub bakal terus memperbaiki kualitas pelayanan di jembatan timbang. Salah satu poin penting yang harus dibenahi adalah kualitas petugas di masing-masing fasilitas jembatan timbang.

“Kapasitas petugas, bagaimana SDM yang mengawasi jembatan timbang. Sampai Kamis kemarin, saya kumpulkan 150 anggota yang ada di jembatan timbang. Kita rubah pola pikir. Mereka dulu petugas provinsi, dulu retribusi, sekarang pelayanan dan pengawasan,” ungkapnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Baca Juga:  Cegah Pungli, Kemenhub Terapkan e-tilang di Jembatan Timbang

Perubahan pola pikir petugas ini, kata Budi akan lebih meningkatkan kualitas pelayanan di jembatan timbang, terutama untuk menghilangkan praktik pungli.

“Saya jamin pengawasan dan pelayanan (lebih baik). Kalau ada pungli, dilakukan preman di luar jembatan timbang yang mengatasnamakan petugas,” kata dia seperti yang dilansir dari liputan6.com.

Selain itu, petugas jembatan timbang bakal dibekali dengan pengetahuan terkait fungsi dan tugasnya. Hal ini penting agar petugas tidak hanya menindak pelanggaran, tapi dapat mengedukasi masyarakat agar pelanggaran sama tidak terjadi lagi.

Baca Juga:  Cegah Pungli, Kemenhub Terapkan e-tilang di Jembatan Timbang

“Petugas di jembatan timbang harus paham filosofi untuk apa saya ada di sini. Tidak hanya ditilang tapi ada aspek edukasi. Bapak langgar ini, akibatnya ini, kerugian negara dan keselamatan,” imbuhnya.

Dia pun menjamin jembatan timbang yang saat ini sudah berada di bawah pengawasan Kemenhub akan lebih transparan serta nyaman bagi pengguna, seperti para pengemudi truk.

Baca Juga:  Cegah Pungli, Kemenhub Terapkan e-tilang di Jembatan Timbang

“Kita buat lebih tansparan, implementasi kaca tembus pandang, sekat-sekat dikurangi. Bersih dan rapi. Juga harus Terang benderang. Informasi setiap yang masuk harus kemana, terus kemana lagi, dia bagaimana di jembatan timbang,” tutup dia. (net/hp)

1,945 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Jembatan Timbang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan