Kemnaker Klaim Berhasil Ciptakan 9.400 Wirausaha Baru Sepanjang 2017

Pelaku UKM sedang mendemonstrasikan praktik kerajinan tangan di Expo PPK Sampoerna di Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (2/10). (Liputan6.com)

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengklaim berhasil menciptakan 9.400 wirausaha baru sepanjang 2017. Hal ini tidak terlepas dari bekal yang diberikan kepada para peserta, termasuk dalam menelurkan tenaga kerja terampil melalui program pelatihan dan pemagangan.

“Target kami menciptakan calon wirausahawan baru 9.400 orang, dan terwujud 100 persen,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Herry Sudarmanto, seperti dilansir dari liputan.com di kantornya, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Baca Juga:
Kemnaker Terus Perkuat Mutu dan Akses Pelatihan Kerja
Tiga Kementerian Kerja Sama Cetak Tenaga Kerja Unggul Untuk Kebutuhan Industri

Kementerian Ketenagakerjaan telah membuat program Reorientasi, Revitalisasi dan Rebranding (3R) Balai Latihan Kerja (BLK) demi menjawab kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Sebanyak lima BLK yang menjalankan program 3R telah terealisasi di lima kota, yakni Bandung, Bekasi, Serang, Medan, dan Semarang.

Program Kemnaker lainnya, yaitu pengembangan desa produktif, kata Herry, berhasil mencapai target awal dengan penerapan di 50 desa. Satu program lainnya bahkan telah melebihi target, yakni Pemagangan Dalam dan Luar Negeri. Dari target awal 10.020 peserta, naik signifikan 127,6 persen menjadi 12.788 peserta pemagangan.

Namun begitu, rencana untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan basis pendidikan tampaknya belum terlalu diminati masyarakat luas. Pelatihan berbasis kompetensi yang digalakkan Kemnaker hanya diikuti 81.192 tenaga kerja dari target 89.768 orang.

Begitupun dengan Sertifikasi Kompetensi, yang baru terealisasi 94,12 persen, dan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kepelatihan oleh Kementerian Ketenagakerjaan yang realisasinya 1.271 orang dari target 1.741 orang.

(net/hp)

24,509 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Kemnaker Klaim Berhasil Ciptakan 9.400 Wirausaha Baru

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan