Kepala Puskesmas Kotabumi II Diduga Dipecat Sepihak

Kepala Puskesmas Kotabumi II Diduga Dipecat Sepihak

Kepala Puskesmas Kotabumi II, dr Yoane Lisa. (net)

LAMPUNG UTARA – KEPALA Puskesmas Kotabumi II, dr Yoane Lisa, diduga dipecat secara sepihak oleh Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, dr Maya Metissa.

Kepala Puskesmas Kotabumi II, dr Yoane Lisa, mengaku terkejut terkait pemecatan dirinya. Dia mengetahui kabar tersebut dari berita yang dimuat oleh salah satu media online lokal.

“Ya saya juga kaget atas adanya pemberitaan yang dimuat di salah satu media online terkait pemberhentian diri saya dari jabatan Kepala Puskesmas Kotabumi II. Padahal belum ada informasi kepada saya, baik secara tertulis ataupun secara lisan dari atasan saya,” katanya di kediamannya Jalan Ahmad Akuan, Kotabumi, Senin (12/3/2018).

Pemecatan dirinya menjadi sebuah tanda tanya, ada apa di balik ini semua.

“Karena ini enggak fair namanya,” lanjutnya.

Dalam berita yang dimuat oleh salah satu media online lokal, kata dia, ada statement dari Kepala Dinas Kesehatan, dr Maya Metissa, selaku atasannya yang mengatakan keputusan penggantian sudah disampaikan kepada dirinya.

“Itu bohong semuanya, tidak benar dan sampai detik ini pun ibu Kadis belum pernah menyampaikan perihal penggantian diri saya tersebut, melalui surat tertulis atau pun secara lisan,” tegasnya lagi.

Lanjut Yoane, dari pihak Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) kabupaten setempat belum ada pemberitahuan terhadap dirinya sesuai mekanisme yang ada.

“Sampai hari ini, belum ada sehelai kertas pun surat yang disampaikan kepada saya atau pun secara lisan pemberitahuan terhadap diri saya dari pihak Baperjakat atas penggantian/penonaktifan diri saya dari jabatan saya sebagai kepala Puskesmas Kotabumi II,” jelasnya.

“Seharusnya aturan dan mekanisme itu dijalankan, jangan main pecat dan main ganti saja seperti ini, itu nggak fair namanya,” ulangnya dengan nada sedikit kesal.

Dirinya juga belum pernah dipanggil perihal pencopotan oleh Kadis Kesehatan maupun Baperjakat.

“Dan sampai saat ini tidak pernah mengundurkan diri dari jabatan saya selaku Kepala Puskesmas Kotabumi II. Hasil rekomendasi dari pihak Inspektorat belum saya terima. Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan sampai saat ini belum keluar dari inspektorat pasca pemanggilan dirinya Selasa (6/3/2018) lalu, terkait polemik internal di Puskesmas yang saya pimpin,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kadis Kesehatan dr Maya Metissa ketika dikonfirmasi perihal adanya dugaan penonaktifan secara sepihak Kepala Puskesmas Kotabumi II tersebut melalui pesan WhatsApp pribadinya, belum ada jawaban. (*)

Dinas Kesehatan Lampung Utara Kepala Puskesmas Kotabumi II

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan