Kerusakan Fasilitas UMPTB Tanggung Jawab Yayasan

Foto: Murni

MENGGALA-Pemkab Tulangbawang melalui Kepala Dinas Keuangan Dan Aset Daerah (DPKAD) Rustam Effendy tegaskan jika seluruh kerusakan fasilitas Universitas Megow Pak Tulangbawang (UMPTB) menjadi tanggung jawab penuh pemilik Yayasan.

Pasalnya UMPTB bukan milik Pemkab Tulangbawang melainkan murni milik Yayasan,karena UMPTB bukan dibentuk oleh Pemkab melainkan dibentuk oleh yayasan Megow Pak.

Menurut Rustam, sampai saat ini Pemkab masih tetap meminjamkan berbagai fasilitas sarana maupun prasarana UMPTB mencapai ratusan milyar.

Hal tersebut kata Rustam sebagai wujud kepedulian pemkab Tulangbawang mendukung berkembangnya dunia Pendidikan melalui UMPTB.

Baca Juga:  Mahasiswa UMPTB Tuding Winarti Pembohong

“Sampai sekarang masih semuanya masih berstatus pinjam pakai dan tercatat dalam catatan aset daerah artinya pemkab selalu mendukung penuh UMPTB agar terus berjalan soal menajemen pengelolaan kami tidak masuk keranah itu karena bukan kewenangan pemkab,melainkan kewenangan Yayasan,” bebernya.

Dijelaskan Rustam, jika ratusan milyar aset milik pemkab Tulangbawang yang berada di UMPTB terdiri dari Bangunan,Gedung dan Tanah senilai Rp 112.148.300.000,- Peralatan dan Inventaris senilai Rp 1.537.523.000,- Peralatan dan Mesin senilai Rp 185.200.000-.

Baca Juga:  Winarti Dukung UMPTB Jadi Universitas Negeri

“Jika ada kerusakan atau kehilangan itu tanggung jawab yayasan,bahkan yayasan wajib melakukan pemeliharaan atau penjagaan terhadap seluruh aset,dan sewaktu-waktu pemkab membutuhkannya yayasan harus mengembalikan kepada Pemkab Tulangbawang,”pungkasnya.

Diketahui UMPTB kebanggaan masyarakat Tulangbawang terkesan terbengkalai tidak terawat,terlihat bangunan megah yang terletak dijalan lintas timut kampung tiuh tohow tersebut nampak kusam,kumuh dipenuhi oleh rumput-rumput ilalang didepan,samping belakang dibiarkan tumbuh liar.

Sementara gedung belakang juga sangat parah,seluruh kaca-kaca bangunan nampak pecah berserakan di lantai bangunan.

Baca Juga:  Mahasiswa Nilai Moral Anggota Dewan Tuba Bobrok

Jika benar UMPTB akan dijadikan Negeri,masyarakat wajib bersyukur sebab semua akan bermanfaat untuk generasi penerus,Tetapi kita wajib sebagai masyarakat memberikan dukungan penuh,karena semuanya tidak mudah dan butuh proses.

Dalam Arti harus ada Sinergivitas, masyarakat, Mahasiswa, Pemkab dan Pemilik Yayasan.

Semua punya peran Penting,tampa adanya dorongan masyarakat, tekanan Mahasiswa, semua proses akan jalan ditempat.

Sementara Pemkab adalah kunci utama,dari semuanya,Baik SDM,Anggaran pun harus siap, khususnya penghapusan Aset UMPTB,begitu juga halnya dengan pemilik yayasan,sanggupkah melepas kepemilikanya terhadap UMPTB.(MURNI)

UMPTB

Posting Terkait