Kesbang Pol OKU Gelar Pembinaan Ormas dan LSM

Kesbang Pol OKU Gelar Pembinaan Ormas dan LSM


Kegiatan Pembinaan Ormas dan LSM Kabupaten OKU di Aula Kesbang Pol, Kamis (15/2/2018). Foto: Ariyan/fajarsumatera.co.id

OKU – BADAN Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Aula Kesbang Pol OKU, Kamis (15/2/2018).

Kegiatan pembinaan dibuka oleh Kepala Badan Kesbang Pol yang diwakili Sekretaris Badan Novian Ardi dengan dihadiri sebanyak 124 Ormas dan LSM di Kabupaten OKU, mengambil tema Peningkatan Profesionalisme Kinerja Ormas dan LSM Dalam Membantu Pembangunan di Kabupaten OKU.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Kesbang Pol melalui Kepala Bidang Kesbak Rustam Alfani SE MSi mengatakan, pembinaan terhadap sejumlah LSM dan Ormas yang telah terdaftar di Kesbang Pol merupakan kegiatan rutin setiap enam bulan sekali.

“Iya, Ormas dan LSM merupakan mitra pemerintah. Dengan kegiatan ini, kami mengharapkan kepada Ormas dan LSM yang menjadi sosial kontrol pemerintah untuk dapat ikut bersama meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kamtibmas, juga memberikan sumbangsih pemikiran maupun solusi dalam mewujudkan masyarakat OKU maju dan gemilang,” paparnya.

Untuk mengimplementasikan program-program Ormas dan LSM, lanjut Rustam, pemerintah akan membantu dana berupa bantuan dana hibah sesuai dengan syarat dan aturan yang telah ditentukan.

Di samping itu Kesbang Pol akan ikut andil menciptakan suasana yang kondusif dalam menghadapi pemilihan gubernur.

“Melalui kegiatan ini kepada seluruh Ormas dan LSM agar dapat mengaktifkan kembali Surat Keterangan Terdaftar (SKT) pada kepengurusan LSM tersebut, sehingga dapat terpantau peran dan fungsinya di masyarakat,” terangnya.

Di tempat terpisah, Ketua LSM Semar OKU, Hastami Masril, menuturkan agar seluruh Ormas dan LSM diberdayakan dan dirangkul oleh pemerintah setempat. Hal ini agar bersinergi untuk kemajuan OKU.

“Semoga adanya kegiatan pembinaan ini dapat saling bersinergi dengan Pemerintah,” katanya singkat.

Pada kegiatan tersebut, Kesbangpol OKU juga mengundang Kejaksaan Negeri OKU, Polres OKU, Kodim 0403/OKU untuk memberikan materi. (Ari)

Kesbang Pol OKU Ormas dan LSM

Posting Terkait