Ketua KP-TIPIKOR Kecam Pembakaran Foto Plt Bupati Lampura

Ketua KP-TIPIKOR Kecam Pembakaran Foto Plt Bupati Lampura

Ketua Komisi Pemantau – Tindak Pidana Korupsi (KP-TIPIKOR) Lampung Utara, Aidi Syafrizal. Foto: Ist

LAMPUNG UTARA – PASCA digelarnya aksi demonstrasi yang mengatasnamakan dari aliansi masyarakat yang tergabung dari beberapa mahasiswa dan segelintir pemuda Kabupaten Lampung Utara (Lampura) di Jakarta kemarin (24/4), Ketua Komisi Pemantau – Tindak Pidana Korupsi (KP-TIPIKOR) Lampura angkat bicara.

Menurut Ketua KP-TIPIKOR, Aidi Syafrizal, demonstrasi adalah salah satu bentuk penyampaian pendapat di muka umum dan Demonstrasi juga merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan di muka umum yang disetujui oleh UUD 1945.

“Jadi kegiatan Demo ya sah-sah saja sesuai UU Nomor 9 Tahun 2018 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, tapi perlu diingat, meskipun digunakan sebagai bentuk penyampaian di muka umum namun sesuai dengan undang-undang tersebut ada beberapa jenis demo yang dilarang, di antaranya demo yang menyatakan permusuhan, kejahatan, kebencian atau penghinaan,” paparnya.

Maka dari itu, sambung Aidi, dirinya sangat menyayangkan dan mengecam pembakaran foto atau gambar Plt Bupati Lampura dan mencoret coret wajahnya dalam aksi demonstrasi itu.

“Kalau sudah melakukan pembakaran dan mencoret-coret foto atau gambar Plt Bupati, itu sama halnya dengan makar. Seharusnya kalau memang asli masyarakat Lampung Utara tidak seperti itu, orang Lampung Utara sangat kental dengan silaturahimnya dan menjunjung tinggi nilai luhur adat istiadat,” kata pria asli suku Abung tersebut.

“Saya benar-benar amat menyayangkan hal ini mengapa sampai terjadi. Dalam menyambut Pilkada seharusnya tindakan ASN yang terkena rolling tidak begini, ada apa ini, seakan-akan memihak pada salah satu paslon. Kalau memang tidak puas dengan keputusan Plt Bupati, tempuh dengan jalur hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara dong,” pungkasnya. (*)

Ketua KP-TIPIKOR

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan