Ketua Mappilu Tanggamus Resmi Dilantik

TANGGAMUS – Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Kabupaten Tanggamus resmi dilantik, Gelaran acara yang berlangsung hikmat di Balai Wartawan PWI Cabang Lampung dan diikuti oleh peserta se Provinsi ini mengangkat tema”Menangkal Hoaks Dan Menyuseskan Pemilu 2019.”

“Bayangkan saja, pengawas kita hanya satu personel tiap TPS. Dengan adanya Mappilu, tentunya anggota pengawasan di tiap wilayah, termasuk TPS jadi bertambah,” kata Komisioner Bawaslu Lampung, Iskardo P Panggar usai pelantikan Mappilu se-Lampung, Selasa (26/2).

Menurut Iskardo, jelang pencoblosan situasi kondusif. Namun pasca pencoblosan biasanya situasi menjadi cukup hangat, bahkan memanas.

“Oleh karena itu, kami sangat terbantu dengan adanya Mappilu. Sebab, Mappilu bisa mendukung kerja-kerja pemantauan dan kerja Bawaslu kedepannya,” terangnya.

Sementara, Ketua Mappilu Lampung, Adolf Ayatullah menyatakan bahwa Mappilu merupakan pemantau Pemilu 2019 yang independen serta terakreditasi dengan personel dan jaringan terbesar se-Indonesia.

“Dengan menggunakan infrastruktur PWI, maka masyarakat yang mengetahui kecurangan bisa langsung melaporkan kepada wartawan anggota PWI, kantor PWI terdekat dan hotline satgas anti kecurangan Pemilu Lampung yang diketua Bung Andi Panjaitan,” terangnya.

Sebagai pemantau pemilu terakreditasi, sambung dia, laporan akan diproses sesuai peraturan perundangan dan regulasi pemilu.

“Kita mengupayakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat,”ungkapnya.

Sementara Ketua Mappilu Tanggamus Chandara Irawansyah mengatakan “Ini adalah apresasi kepada kami semua khususnya PWI Tanggamus dan harapan kami kedepan akanjadi barometer awal. Dan sesuai tema kita menangkal Hoak dan menyukseskan pemilu 2019 mendatang.”

Lebih lanjut Chandra mengatakan dalam waktu dekat akan koordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Tanggamus, KPU, Pemerintah, TNI dan Polri.

“Karena kita baru dilantik, jadi segala urusan tentang pemilu harus segera kita lakukan siroturohim agar roda keorganisasian berjalan dengan baik. Dan tidak lupa juga sikap jurnalis kita tetap netral dan mengutamakan 5W+1H,” pungkas Wartawan Fajar Sumatera ini. (SB/CD)

Ketua Mappilu Tanggamus

Posting Terkait