Kominfo Larang Penjualan Obat Lewat Medsos

Foto: Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Masyarakat tidak boleh secara bebas menjual produk obat-obatan via media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Hal ini dikatakan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Semuel Aprijani Pangerapan.

“Kalau obat-obatan memang enggak boleh jual (di medsos),” ungkapnya ketika ditemui dalam diskusi di Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Baca Juga:  Kominfo Sediakan 1 Juta Domain Gratis plus Hosting

Sebab, penjualan obat seharusnya dilakukan dengan izin dari Kementerian Kesehatan atau dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Izin tersebut yang menjadi penjamin bahwa obat yang dijual benar-benar asli.

“Nggak bisa menjual produk yang palsu. Apalagi produk yang berhubungan dengan kesehatan. Seperti yang lewat BPOM bahwa obat obatan harus ada izin edarnya. Dan penjualan untuk obat-obatan yang membutuhkan resep, dia harus ada resep,” kata dia.

Baca Juga:  Kemenhub Minta Kominfo Sediakan Dashboard Pemantau Taksi Online

“Ini bagaimana perlindungan konsumen. Saat dia membeli barang, dia membeli barang yang sesuai dengan keinginannya. Jadi kita mengendalikan content, prodak yang dijual tanpa ada dasar keasliannya,” tambahnya. (net/hp)

1,132 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Kominfo Obat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan