Komisi I DPRD Lampung Klaim Kantongi Nama Komisioner KI 2020 – 2024

Yozi Rizal, Ketua Komisi I DPRD Lampung. (Foto Brama Indra Putra)

Komisi I DPRD Lampung memastikan telah mengantongi nama-nama calon komisioner Komisi Informasi (KI) periode 2020-2024.

“Kami telah menyerahkan 15 nama calon komisioner KI ke pimpinan DPRD lampung untuk ditindaklanjuti,”kata Ketua Komisi I DPRD lampung, Yozi Rizal, Selasa (21/1).

Kader partai Demokrat ini juga memastikan tidak bakal ada perubahan nama-nama calon komisioner KI oleh pimpinan DPRD Lampung. Karena nama-nama itu telah disepakati.

“Nah itu tidak bisa dirubah lagi nilainya. Kita sepakat dan kompak semuanya tidak bisa dirubah, itu dari timsel. Kalau mau beri nilai, berilah saat kemarin itu yang sesuai dengan performnya,”kata dia.

Baca Juga:  106 Calon P3K Belum Terima SK, Dewan Sebut BAKN Ceroboh

Ia memprediksikan bahwa nama-nama calon komisioner KI bakal segera diumumkan oleh Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay.

“Seharusnya sih, minggu ini sudah bisa diumumkan. Karena mereka menunggu untuk di Rapim kan,”ujar dia.

Saat disinggung siapa saja nama-nama calon komisioner KI yang masuk dalam 15 besar, Yozi enggan membeberkannya.

“Nanti Ketua DPRD yang mengumumkannya,”ujar dia.

Baca Juga:  Yozi Rizal Luncurkan "Catatan Harian"

Ia berharap komisioner KI periode 2020-2024 berani dalam mengambil tindakan. Karena masih banyak lembaga publik yang masih enggan membuka informasi ke publik.

Misalnya, Ia mencontohkan, masalah hak penguasaan tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN).”itu susah benar. Belum lagi contoh yang lain,”ungkap dia.

“Kita juga meminta kawan KI untuk ikut berperan dalam persoalan di Mesuji. Karena hampir setiap saat kita ini menunggu kabar akan ada korban lagi. Karena apa, persoalan disinformasi,”jelas dia.

Baca Juga:  Rakata Institute Langgar UU Keterbukaan Informasi Publik

“Pihak pemangku kebijakan juga terkesan menutup mata. Jadi KI harus jelas dan tegas dalam memberikan informasi soal status hutan disana. Kalau sudah seperti ini, yaudah legalkan. Kasih aspek legalisai lahan hak pakai atau hak milik agar tidak ada lagi saling rebut,”tegas dia.

Untuk diketahui, dari 15 nama, akan diambil 5 besar sesuai perangkingan hasil penilaian saat fit And Proper Test yang digelar oleh Komisi I DPRD Lampung beberapa waktu lalu. (Brama)

KI Lampung Komisi Informasi Lampung Yozi Rizal

Posting Terkait