Komisi I DPRD Lampung Panggil KPU Terkait DPT

Ilustrasi. (Ist)

BANDAR LAMPUNG – Komisi I DPRD Lampung akan memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menanyakan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahap dua dalam rangka persiapan Pileg dan Pilpres  2019 mendatang.

Sekretaris Komisi 1 DPRD Lampung Bambang Suryadi menjelaskan bahwa pemangilan akan dilakukan disela pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2019.

“Sesegera mungkin. Nanti kita selipkan waktunya untuk mengundang KPU,” ungkapnya, Rabu (14/11).

Pihaknya melihat masih adanya masyarakat yang belum terakomodir masuk ke DPT.

Baca Juga:  DPRD Lampung Minta JTTS Dimaksimalkan Saat Arus Mudik

“Jika melihat dilapangan, ada pemilih yang pindah domisili atau meninggal dunia. Tetapi belum dilaporkan, sehingga bisa saja, nama orang yang pindah atau meninggal dunia itu masih masuk di DPT,” ungkapnya.

Dilain sisi, ia menyampaikan dengan lahirnya Perpres terbaru yang ditandatangani oleh presiden RI Joko Widodo pada bulan November ini telah memberi kemudahan untuk warga mendapatkan E-KTP.

“Cukup dengan membawa KK dan surat nikah ke catatan sipil sudah bisa dapat E-KTP. Semoga dengan adanya perpres ini tidak menghilangkan hak warga negara untuk memilih agar pemilu bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Baca Juga:  Lelang Alat Pilkada Tanggamus Diserahkan ke KPU Lampung

Sebelumnya, Menjelang pemilu 2019, Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap dua tingkat Provinsi Lampung sebanyak 6.101.544 atau mengalami kenaikan mencapai 221.694 dari yang sebelumnya sekitar 5.879.850.

Hal ini berdasarkan pleno penetapan DPTHP tahap dua oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung di Begadang Resto, Bandarlampung, Selasa (13/11).

Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Pendataan Pemilih, Handi Mulyaningsih menyampaikan bahwa sebanyak 6.101.544 daftar pemilih ini  terdiri dari 2.987.606 perempuan dan  3.113.938 laki-laki.

Baca Juga:  DPRD Minta Pengembang Maksimalkan JTTS untuk Mudik Lebaran

Selain itu, kata dia, DPTHP tahap dua ini tersebar di 26.236 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 2.640 Desa/Kelurahan dan 228 Kecamatan di 15 kabupaten/kota.

“Tahapan selanjutnya pleno di KPU RI  tanggal 15 November 2018 nanti. Sementara di Provinsi membuat berita acara dan melaporkanya ke KPU RI,” ujarnya. (TM)

DPRD Lampung KPU Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan