Komjak Minta Berkas Pemeriksaan Oknum Jaksa ke Kejagung yang Muncul di Tiap Kasus Hasil OTT KPK

Komjak Minta Berkas Pemeriksaan Oknum Jaksa ke Kejagung yang Muncul di Tiap Kasus Hasil OTT KPK

Anggota Komjak Ibnu Mazjah di Kantor Kejaksaan Tinggi Lampung. Foto: Ricardo Hutabarat

Fajar Sumatera – Setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] menampilkan hasil Operasi Tangkap Tangan [OTT] di persidangan, tidak sedikit oknum jaksa yang disebut-sebut melenceng dari tugas-tugasnya.

Acap kali saksi-saksi yang hadir dan dimintai keterangan menyebut, oknum jaksa turut menerima uang, atau suap.

Baca Juga:  Sri Mulyani Dukung KPK Bersihkan Korupsi di Kemenkeu

Dari kegiatan OTT yang dilakukan KPK –misalnya di Mesuji; dan Lampung Utara, muncul dugaan keterlibatan oknum jaksa. Bahkan, sudah ada beberapa oknum jaksa yang sudah diperiksa.

Misal; Yusna Adia, Van Barata Semenguk dan Hafidz . Saat ditanyai awak media, para oknum jaksa ini selalu memiliki jawaban khas: membantah. Hasil pemeriksaan kepada mereka pun selalu tertutup dari publik.

Baca Juga:  DPRD Lampung Jalin Sinergi dengan Kejati

Melihat hal ini, anggota Komisi Kejaksaan [Komjak] Ibnu Mazjah mengatakan, lembaganya sejauh ini telah mengetahui indikasi dan kabar tidak sedap tentang oknum jaksa. Berdasarkan tugas, fungsi.

“Yang di KPK itu kami medapatkan informasi, itu sudah ditindaklanjuti oleh pengawasan Kejaksaan Agung. Jadi nanti kami juga akan meminta sejauh mana Laporan Hasil Pemeriksaannya,” ujar Ibnu Mazjah kepada Fajar Sumatera, yang sedang melakukan kegiatan di Kejaksaan Tinggi Lampung, Kamis siang, 19 November 2020.

Baca Juga:  Rekam Jejak Persoalan Hukum yang Pernah Dijalani Musa Ahmad

Komjak memastikan akan mencoba meminta hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan oleh Jaksa Agung Muda Pengawasan [Jamwas] pada Kejaksaan Agung. “Hasil pemeriksaan itu akan kami mintakan. Karna itu juga harus juga dikoordinasikan kepada Komisi Kejaksaan,” tutur dia.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Hafidz Ibnu Mazjah Kejati Lampung Komjak KPK Van Barata Semenguk Yusna Adia

Posting Terkait