Komunitas Sadar Kesehatan Lampung Bantu Pengobatan Gratis

BANDARLAMPUNG – Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya yang menyangkut pemeliharaan kesehatan masyarakat dan keluarganya merupakan kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, baik ditinjau dari perspekif hukum perundang undangan yang berlaku maupun prespektif sosial yang berhubungan dengan hak individu dan masyarakat.

Ketua Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung, dr. Zam Zanariah, menjelaskan, semakin tinggi derajat kesehatan seseorang semakin besar potensi pelayanan kesehatan yang dapat ditingkatkan. Namun jika hanya mengandalkan Pemerintah saja tidak akan cukup untuk mewujudkan keluarga sehat ditengah masyarakat. Membangun kesadaran masyarakat terhadap hidup sehat merupakan peranan penting yang diharuskan untuk itulah Komunitas Sadar Kesehatan (KSK) Lampung hadir.

Baca Juga:  Poliklinik Polres Lambar Gelar Pengobatan Gratis di Ponpes Murottilil Qur'anil Karim

“Saat ini semakin banyak masyarakat yang mengalami masalah kesehatan sejak usia dini, hal ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat yang dilakukan orang tua secara turun menurun. Karena, pengetahuan masyarakat yang minim mengenai pola hidup sehat dan kesehatan,” papar dr. Zam, usai deklarasi KSK, di Kelurahan Rajabasa Jaya, Bandarlampung, Minggu (21/5).

Dalam deklarasi ini, KSK Lampung mengungkapkan siap membantu upaya Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, dalam meningkatkan pemeliharaan  kesehatan masyarakat Lampung.

Baca Juga:  KSK Lampung Beri Pengobatan Gratis

Dirinya menjelaskan, ada 3 program inggulan yang akan dilaksanakan KSK Lampung yaitu Health Care, dan Education Care, Environmental Care.

“Ketiga program unggulan tersebut nantinya akan diturunkan melalui berbagai kegiatan antara lain pengobatan dan sunatan massal, seminar kesehatan, senam sehat bersama, pembagian brosur dan buku saku kesehatan, pemilihan duta kesehatan lampung, penyuluhan kesehatan, oprasi katarak, pemesanan kaki palsu, dll tentu akan melibatkan banyak unsur baik masyarakat maupun pemerintah,” urainya.

Dengan demikian, pihaknya pun berharap, melalui komunitas ini dapat membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang pemeliharaan kesehatan yang bermula dengan  membangun kesadaran masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup sehat.

Baca Juga:  Banser Tubaba Gelar Pengobatan Gratis

Untuk diketahui, selain dr. Zam Zanariah yang menginisiasi KSK, ada pula 2 aktifis, yakni, Rosim Nyerupa (Mahasiswa Unila) dan Rifqi Masyhuri Dinata (Mahasiswa UBL). Tidak sampai disitu, KSK ini pun beranggota dari berbagai kalangan masyarakat baik mahasiswa maupun pemuda dan masyarakat secara umum yang peduli terhadap hidup sehat.(ZN)

 

Pengobatan Gratis

Posting Terkait