Kopaska Ikut Cari Korban KM Sinar Bangun

Kopaska ikut diterjunkan cari korban KM Sinar Bangun. (istimewa)

Pasukan elite TNI AL Komando Pasukan Katak atau Kopaska ikut diterjunkan untuk mencari korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara.

“Selain menurunkan tim dari prajurit Lantamal I Belawan, Koarmada I juga menurunkan 2 tim Kopaska yang berjumlah 15 personel,” kata Kepala Dispenarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho dalam keterangannya seperti yang dilansir dari detik.com, Jumat (22/6/2018).

Tim Lantamal I Belawan dan Satuan Kopaska Koarmada I ini langsung bergabung bersama tim dari TNI AL lainnya yaitu prajurit Taifib Kormar untuk melakukan pencarian. Mereka telah berupaya sejak Kamis (21/6).

Baca Juga:  Tim SAR Gabungan Selidiki Temuan Benda Mirip Kapal di Danau Toba

Pajurit Lantamal I Belawan dan 2 tim Kopaska ini bersama-sama dengan tim SAR gabungan lainnya dari TNI-Polri, Basarnas dan tim Dirjen Perhubungan langsung menyisir kawasan yang diduga menjadi lokasi tenggelamnya kapal. Tim SAR juga menyusuri tepi Danau Toba dengan menggunakan sea rider.

“Penyelaman juga dilaksanakan oleh Tim Penyelam Taifib, Basarnas dan Penyelam Lantamal I dengan memasang marker di tempat tenggelamnya KM Sinar bangun,” ujarnya.

Baca Juga:  Mensos Temui Keluarga Korban Kapal KM Sinar Bangun

Kegiatan SAR dilakukan Koarmada I dengan 2 unit sekoci karet, 2 unit motor tempel 40 PK, 1 unit sea rider, 3 orang dengan perlengkapan peralatan selam serta 1 unit ambulance beserta tim kesehatan.

Pagi ini penyelaman akan kembali dilakukan. Tim penyelam TNI AL yang dipimpin Dansatpaska Koarmada I Letkol Laut (P) Johan Wahyudi menjelaskan, pelaksanaan SAR oleh timnya akan menyisir perairan Danau Toba khususnya rute pelayaran pelabuhan Tigaras Simalungun dan Pelabuhan Simanindo Samosir dengan menggunakan 2 unit sea rider dan 3 unit sekoci karet.

Baca Juga:  Operasi SAR Nasional KM Sinar Bangun Resmi Ditutup

Tim SAR sendiri pada Kamis kemarin masih menemui kendala saat melakukan penyelaman. Sebab kedalaman lokasi yang diduga titik tenggelamnya kapal diperkirakan mencapai 400 meter. Selain itu arus di bawah air juga sangat kuat. Meski demikian, TNI AL memastikan akan terus berupaya untuk menemukan para korban.

(net/hp)

KM Sinar Bangun

Posting Terkait