Korupsi DD, Dua Pamong Way Bungur Dituntut Dua Tahun Penjara

Bandar Lampung Lantaran didakwa korupsi dana desa hingga Rp 112 juta  dua orang oknum perangkat desa Taman Negeri  Way Bungur  Kabupaten Lampung Timur,  disidangkan dan dituntut penjara selama dua tahun  keduanya pun diwajibkan oleh jaksa untuk membayar denda sebesar 50 juta.

Oknum bendahara desa IR,  serta seorang oknum sekretaris desa berinisial US,  didakwa oleh jaksa telah bersalah bersama – sama melakukan tindak pidana korupsi terhadap anggaran dana desa taman negeri  kecamatan way bungur  kabupaten lampung timur tahun anggaran 2017  yang mengakibatkan kerugian negara sebesar 112 juta 612 ribu 500 rupiah.

Keduanya dijerat menggunakan pasal 3  junto pasal -8 undang – undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidama korupsi.  Sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan undang – undang nomor 20 tahun 2001  tentang perubahan atas undang – undang nomor  31 tahun 1999  tentang  pemberantasan tindak pidana korupsi  junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Jaksa pun meminta majelis hakim untuk menghukum keduanya untuk menjalani pidana penjara selama dua tahun  dan dikenakan pidana denda sebanyak 50 juta rupiah  dengan subsidair denda yaitu hukuman pidana penjara selama 3 bulan.

Dalam dakwaan yang dibacakan oleh jaksa pada sidang sebelumnya,  kedua oknum perangkat desa ini  telah dengan sengaja memanfaatkan dana desa untuk kepentingan pribadi  dengan cara mengambil keuntungan dari anggaran pembangunan desa  dengan membuat laporan pertanggung jawaban menggunakan nota palsu.

Sementara sidang lanjutan dari perkara ini, akan digelar kembali pada pekan depan  dengan agenda sidang yakni pembacaan nota pembelaan dari kedua terdakwa.(Tinus)

Posting Terkait