KPK Ambil-alih Kasus Korupsi Satono

BANDARLAMPUNG — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan catatan khusus kepada Satono, mantan bupati Lampung Timur yang kini masih buron. Satono yang terbukti terlibat kasus korupsi APBD sebesar Rp 119 miliar ini buron sejak 2012 lalu.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan, pihaknya tidak mengetahui adanya kasus korupsi bernilai ratusan miliar yang akan diambil alih KPK.

Baca Juga:  KPK Janji Usut Kasus Satono

“Nggak tahu saya. Saya tidak boleh ngomong kalau tidak tahu. Nanti kita pelajari dulu ya,” kata Saut saat konferensi pers di Balroom Novotel Bandarlampung,  Senin (20/11)

Namun Saut mengaku akan menelusuri catatan hitam dari Satono. “Siapa tadi namanya? Satono ya? Baik saya catat namanya. Nanti kita telusuri lebih dalam,” terangnya.

Seperti diketahui, Satono dipidana selama 15 tahun penjara. Dia terbukti menilap uang APBD sebesar Rp 119 miliar yang disimpan di BPR Tripanca Setiadana. Satono main mata dengan pihak bank sehingga dana rakyat yang disimpan di BPR itu amblas.

Baca Juga:  KPK Janji Usut Kasus Satono

Pada 21 Desember 2010, sidang perdana atas terdakwa Satono digelar dengan agenda membacakan dakwaan. Lalu pada 26 September 2011, jaksa menuntut Satono dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Namun Pengadilan Tipikor Tanjungkarang menyatakan Satono tidak terbukti korupsi.

Kemudian pada 27 Oktober 2011 jaksa mengajukan kasasi. Akhirnya Mahkamah Agung menghukum Satono selama 15 tahun penjara. Mendengar kabar tersebut, Satono kabur dan dinyatakan buron sejak April 2012.(RD)

3,022 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

kasus satono

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan