KPK Peringati Hari Antikorupsi Sedunia

Istimewa

JAKARTA – Salam Antikorupsi! Serumpun gelaran istimewa tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali merangkai sejumlah kegiatan tematik guna memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 yang jatuh hari ini, Senin (9/12/2019).

Dikutip dari kpk.go.id, Minggu (8/12/2019), KPK telah, sedang, dan akan menggelar ragam even yang terbuka untuk umum ini, dalam balutan tema raya “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”.

Dimulai Workshop Komunitas Antikorupsi “Sinergi dalam Pemberantasan Korupsi”, dibuka sejak Jum’at (6/12/2019) lalu, dan berakhir Senin ini, mulai pukul 08.00-22.00 WIB, di kampus Universitas Indonesia (UI) dan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Workshop ditujukan untuk mendorong partisipasi komunitas dan masyarakat antikorupsi, sekaligus tempat membangun jejaring antikorupsi. Mengingat, sebagai agen perubahan, peran aktif komunitas dan masyarakat antikorupsi dibutuhkan dalam upaya pencegahan korupsi.

Baca Juga:  Hari Ini KPK Periksa Mantan Bupati dan Anggota DPRD Lamteng

Jum’at (6/12/2019) lalu pula, di Gedung Merah Putih KPK berlangsung dua even sekaligus. Yakni Festival SAKSI 2019 yang digelar pukul 16.00-21.00 WIB. Tahun ini, even gagasan Kanal KPK yang diabdikan sebagai bagian gerakan antikorupsi lewat karya lagu antikorupsi ini sukses merilis album “B-Side”, penghargaan atas kreativitas para musisi atas ide dan pesan dalam lagu antikorupsi karya mereka.

Pukul 18.00-21.00 WIB, hari dan tempat yang sama, KPK menghelat ajang apresiasi sekaligus pengumuman pemenang lomba Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi 2019.

Baca Juga:  Nanang Ermanto Diperiksa KPK

Berikutnya, Minggu (8/12/2019)  kemarin, telah berlangsung Screening Anti-corruption Film Festival (ACFFest) 2019, atau Festival Film Antikorupsi 2019, pukul 13.00-17.30 WIB, bertempat di Ciputra Artpreneur, Retail Podium, Jl Prof Dr Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Screening ACFFest 2019 menampilkan 10 film karya finalis terpilih dari berbagai kota di Indonesia, kemudian langsung diumumkan pemenangnya pada Malam Penghargaan ACFFest 2019 dan Dongeng Kebangsaan, Minggu malam pukul 18.30-22.00 WIB.

Ber-tagline “Muda Beraksi Antikorupsi”, program ACFFest 2019 digagas sebagai wujud upaya pencegahan korupsi melalui media film dan dikemas jadi satu kompetisi ide cerita film pendek berdurasi 10-15 menit.

Menurut rilis KPK, inilah gelaran puncak rangkaian kegiatan Hakordia 2019. Selain menampilkan hasil karya sineas muda, tahun ini KPK mengusung Dongeng Kebangsaan yang sarat nilai-nilai perjuangan.

Baca Juga:  Mencari Rekam Jejak Frenki Harditama, Oknum Auditor BPK Perwakilan Lampung di Tangan Penyidik KPK

Dikutip dari Antara, Minggu (8/12/2019), Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebut, film, lagu, puisi, dongeng, foto dan komik, dan karya sejenis lainnya ialah pendekatan penting yang dilakukan KPK, membangun nilai antikorupsi lewat pendekatan seni.

“Menyentuh hati dan membuka pikiran melalui pendekatan ini kami pandang salah satu strategi dalam pencegahan korupsi, terutama ketika film-film yang diproduksi berangkat dari realitas di lingkungan masyarakat masing-masing,” ujarnya, seraya berharap semoga ke depan semakin banyak proses kreatif yang bergelut di isu antikorupsi.(*)

Hari Antikorupsi Sedunia KPK

Posting Terkait